Implementasi Total Quality Management: Dampak terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan di PT Tiga Permata Ekspres
DOI:
https://doi.org/10.55732/nemr.v1i1.1045Keywords:
Kepuasan kerja, Kinerja karyawan, Total quality managementAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji pengaruh Total Quality Management terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai mediasi pada PT Tiga Permata Ekspres. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan alat analisis SEM-PLS 3.0 dengan membuat iner model dan outer model untuk mengukur hasil dari Total Quality Management sebagai variabel independen, kinerja karyawan sebagai variabel dependen dan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan 32 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh Total Quality Management berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Total Quality Management berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
This research aims to determine the test results of the effect of Total Quality Management on employee performance with job satisfaction as mediation at PT Tiga Permata Ekspres. The research method used is a descriptive quantitative method using the SEM-PLS 3.0 analysis tool by creating an inner model and outer model to measure the results of Total Quality Management as an independent variable, employee performance as a dependent variable and job satisfaction as an intervening variable. This research used descriptive analysis with 32 respondents with a purposive sampling technique. The results of this research indicate that the influence of Total Quality Management has a significant effect on job satisfaction. Job satisfaction has a significant effect on performance. Total Quality Management has a significant effect on employee performance.
References
Angela, A., Sari, E.P. and Oktavianti (2020) ‘The Effect of Totalquality Management on Employeeperformance with Compensation as Moderation Variable’, Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi, 7(2). Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/jak.v7i1.1818.
Faizah, W. (2018) Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Kerja Karyawan Serta Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada BPJS Kesehatan di Kota Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Laiya, R.A.R., Jan, A.B.H. and Pondaag, J.J. (2018) ‘Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Manado’, Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21047.
Muhammad, M. (2021) ‘Pelatihan Manajemen SDM dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Karyawan di Universitas Malahayati Bandar Lampung’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 343–349. Available at: https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1769.
Pratama, A.A.N. and Maghfiroh, F.N. (2016) ‘Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Karyawan di BMT Taruna Sejahtera Ungaran, Jawa Tengah’, Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(1), p. 93. Available at: https://doi.org/10.18326/muqtasid.v7i1.93-117.
Purnomo, A. et al. (2020) ‘A Study of Digital Entrepreneurship through Bibliometric Visualizing from 1993 to 2019’, in 2020 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech). IEEE, pp. 911–915. Available at: https://doi.org/10.1109/ICIMTech50083.2020.9211270.
Purnomo, A., Putri, R.A. and Rosyidah, E. (2017) Kamus Manajemen Sumberdaya Manusia. Sidoarjo: UNUSIDA Press.
Samsir (2014) ‘Implementasi Total Quality Management terhadap Kepuasan Kerja Karyawan’, Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 1(11).
Saragi Sitio, V.S. (2018) ‘Pengaruh Total Quality Management (TQM) dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelita Air Service’, Journal of Management and Business Review, 15(2), pp. 196–218. Available at: https://doi.org/10.34149/jmbr.v15i2.128.
Sitio, V.S.S. (2020) ‘Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasaan Kerja Sebagai Mediasi Pada PT. Senator Internasional Indonesia’, Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2). Available at: https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i2.438.
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nusantara Entrepreneurship and Management Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.