Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Guru dalam Pembelajaran Interaktif di SD Negeri Tirulor 1 Gurah - Kediri

Authors

DOI:

https://doi.org/10.55732/rcf8mv61

Keywords:

Artificial Intelligence, Pembelajaran Interaktif, Teknologi

Abstract

Pembelajaran interaktif yang didukung oleh teknologi AI diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mempersonalisasi materi pembelajaran, dan menghasilkan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Pelatihan ini mencakup teori dasar mengenai teknologi AI dan aplikasinya dalam konteks pendidikan, diikuti dengan sesi praktik yang memperkenalkan berbagai alat dan aplikasi berbasis AI yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Peserta dilatih untuk memanfaatkan teknologi AI dalam merancang materi pembelajaran yang lebih interaktif, membuat evaluasi otomatis, serta menggunakan AI untuk analisis data belajar siswa. Sesi praktik langsung memungkinkan para peserta untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mengimplementasikan teknologi ini dalam kelas mereka. Meskipun demikian, terdapat beberapa faktor penghambat, antara lain keterbatasan pengalaman teknologi pada sebagian peserta dan terbatasnya fasilitas teknologi di beberapa sekolah. Faktor pendukung yang turut berperan dalam keberhasilan pelatihan ini adalah tingginya antusiasme peserta, keterlibatan aktif pemateri, serta ketersediaan fasilitas yang mendukung selama pelatihan. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam memperkenalkan penggunaan AI dalam pendidikan dasar, dan diharapkan dapat mendorong penerapan teknologi ini di kelas untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Interactive learning supported by AI technology is expected to increase student engagement, personalize learning materials, and produce a more effective and enjoyable learning experience. This training covered basic theory regarding AI technology and its applications in educational contexts, followed by practical sessions that introduced various AI-based tools and applications that can be used in the learning process. Participants were trained to utilize AI technology to design more interactive learning materials, create automated evaluations, and use AI for analyzing student learning data. The hands-on practical sessions enabled participants to develop the skills necessary to implement this technology in their classrooms. However, several inhibiting factors existed, including limited technological experience among some participants and limited technology facilities in some schools. Supporting factors that contributed to the success of this training were the high enthusiasm of the participants, the active involvement of the presenters, and the availability of supportive facilities during the training. Overall, this training made a positive contribution to introducing the use of AI in elementary education and is expected to encourage the implementation of this technology in the classroom to improve the quality of the learning process.

References

Baker, T., Smith, L., & Anissa, N. (2019). Educ-AI-tion rebooted? Exploring the future of artificial intelligence in schools and colleges. Available at https://media.nesta.org.uk/documents/Future_of_AI_and_education_v5_WEB.pdf

Hakeu, Febrianto, Pakaya, I. I., Djahuno, Ridwanto, Zakarina, Uznul, Tangkudung, Mutmain, & Ichsan. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.

Harasim, L. (2017). Learning Theory and Online Technologies. Routledge.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2022). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Center for Curriculum Redesign.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024). Sinergi Kursus dan Pelatihan untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu. Pengelola Siaran Pers. Available https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/12/sinergi-kursus-dan-pelatihan-untuk- mewujudkan-pendidikan-bermutu

Nugroho, Y. (2023). Kecerdasan Buatan dan Transformasi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 14(1), 45–60.

Patty, J., & Lekatompessy, J. (2024). Pelatihan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SD Negeri Tiakur. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(3), 18–24. https://doi.org/10.59818/jpm.v4i3.726

Pedró, F. (2019). Artificial intelligence in education: challenges and opportunities for sustainable development. Unesco, 46. https://en.unesco.org/themes/education-policy-

Russell, S. J. (2021). Artificial Intelligence A Modern Approach Fourth Edition. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

Wahyuni, E. (2020). Literasi Digital Guru di Kawasan Semi-Pedesaan: Studi Kasus di Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(2), 112–125.

World Economic Forum. (2020). Schools of the future: Defining new models of education for the fourth industrial revolution. World Economic Forum Reports 2020, January, 1–33. www.weforum.org

Downloads

Published

31-07-2025

How to Cite

Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Guru dalam Pembelajaran Interaktif di SD Negeri Tirulor 1 Gurah - Kediri. (2025). Nusantara Community Empowerment Review, 3(2), 343-349. https://doi.org/10.55732/rcf8mv61