Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Melalui Bank Sampah Gemilang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.55732/7e7sgh61

Keywords:

Bank Sampah, Daur Ulang, Pengelolaan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperbaiki pengelolaan Bank Sampah RT 14 RW 11 Bluru Kidul Sidoarjo. Bank sampah adalah metode pengelolaan sampah di mana sampah rumah tangga dikumpulkan, dipilah, dan kemudian di jual ke pihak ketiga, sehingga sampah dapat diubah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Sistem pengelolaan bank sampah mirip dengan sistem perbankan namun dalam bentuk yang lebih sederhana. Warga setempat, sebagai nasabah bank sampah, menyetor sampah yang kemudian dicatat sebagai saldo sesuai dengan nilai ekonomisnya. Saat ini, pengelolaan bank sampah di sini sedang menghadapi beberapa tantangan. Program pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengelolaan bank sampah dengan konsep 3R (reduce, reuse, recycle). Meliputi pemilahan sampah, lalu dikumpulkan, ada juga yang di daur ulang dan ditabung yang output-nya diharapakan dapat menciptakan lingkungan bebas sampah dan sampah tidak akan menjadi masalah yang krusial di masing-masing lingkungan tersebut. Bank Sampah Gemilang 14 diharapkan dapat melakukan pengembangan seiring berjalannya waktu. Pengembangan dalam bidang jasa yang ditawarkan maupun pelayanan yang pada akhirnya akan memberikan kesan positif terhadap masyarakat desa adat RT 14 RW 11 Desa Bluru Kidul maupun menjadi contoh desa lainnya.

This community service activity aims to improve the management of the RT 14 RW 1 1 Bluru Kidul Sidoarjo Waste Bank. Waste banking is a waste management method in which household waste is collected, sorted, and then sold to third parties, so that waste can be converted into goods that have economic value. The waste bank management system is like the banking system, but in a simpler form. Residents, as waste bank customers, deposit waste, which is then recorded as a balance according to its economic value. Currently, waste bank management here is facing several challenges. This service program is implemented to improve waste bank management with the 3R concept (reduce, reuse, recycle). This includes sorting waste, then collecting it, some of which is recycled and saved, the output of which is expected to create a waste-free environment, and waste will not be a crucial problem in each of these environments. It is hoped that the Gemilang 14 Waste Bank will be able to develop over time. Development in the field of services offered and services which will ultimately give a positive impression to the RT 14 RW 11 Bluru Kidul Sidoarjo traditional village community and become an example for other villages.

References

Ariefahnoor, D., Hasanah, N. and Surya, A. (2020) ‘Pengelolaan Sampah Desa Gudang Tengah Melalui Manajemen Bank Sampah’, Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 3(1), p. 14. Available at: https://doi.org/10.31602/jk.v3i1.3594.

Asteria, D. and Heruman, H. (2016) ‘Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya’, Jurnal Manusia dan Lingkungan, 23(1), p. 136. Available at: https://doi.org/10.22146/jml.18783.

Auliani, R. (2020) ‘Peran Bank Sampah Induk dalam Pengelolaan Sampah Kota Medan’, Jurnal Abdidas, 1(5), pp. 330–338. Available at: https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.80.

Dwicahyani, A.R. et al. (2022) ‘Peningkatan Pengelolaan Bank Sampah melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat di Bank Sampah Wilayah Simojawar’, Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi (Adipati), 1(1), pp. 22–29. Available at: https://doi.org/10.31284/j.adipati.2022.v1i1.2555.

Halid, A., Yulianto, K. and Saleh, M. (2022) ‘Strategi Pengelolaan Bank Sampah di NTB (Studi Kasus Bank Sampah Bintang Sejahtera)’, Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(2), pp. 763–770. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jirk.v1i8.1187.

Hasnam, L.F., Syarief, R. and Yusuf, A.M. (2017) ‘Strategi Pengembangan Bank Sampah di Wilayah Depok’, Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.407.

Juliany, I.K., Salamuddin, M. and Dewi, Y.K. (2018) ‘Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah Berbasis Web’, in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 19–24.

Kristina, H.J. (2014) ‘Conceptual Model for measuring the Adaptability of Waste Banks in Indonesia’, Journal of Industrial Engineering, 9(1), pp. 19–28. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.%v.%i.153-165.

Pravasanti, Y.A. and Ningsih, S. (2020) ‘Bank Sampah untuk Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga’, Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). Available at: https://doi.org/10.29040/budimas.v2i1.1015.

Putra, W.T. and Ismaniar (2020) ‘Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan Sampah di Bank Sampah’, Jambura Journal of Community Empowerment, pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.37411/jjce.v1i2.569.

Santoso, S.B. et al. (2020) ‘Pengelolaan Sampah Anorganik Sebagai Upaya Pemberdayaan Nasabah Bank Sampah’, Community Empowerment, 6(1), pp. 18–23. Available at: https://doi.org/10.31603/ce.4045.

Selomo, M. et al. (2017) ‘The Waste Bank is One of Good Solusion for Handling Waste in Makassar City’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(4), pp. 232–240. Available at: https://doi.org/10.30597/mkmi.v12i4.1543.

Setyaningrum, I. (2015) ‘Karakteristik Peningkatan Pengelolaan Sampah Oleh Masyarakat Melalui Bank Sampah’, Jurnal Teknik PWK, 4(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.14710/tpwk.2015.8426.

Wartama, I.N.W. and Nandari, N.P.S. (2020) ‘Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga melalui Bank Sampah di Desa Sidakarya Denpasar Selatan’, PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 44–48.

Downloads

Published

29-07-2025

How to Cite

Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Melalui Bank Sampah Gemilang. (2025). Nusantara Community Empowerment Review, 3(2), 299-304. https://doi.org/10.55732/7e7sgh61