Pendampingan Dokumentasi Kegiatan 17 Agustus sebagai Penguat Semangat Gotong Royong dan Nasionalisme

Authors

DOI:

https://doi.org/10.55732/f5bvyc95

Keywords:

17 Agustus, Dokumentasi, Pendampingan, Sejarah

Abstract

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan momen bersejarah yang dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk masyarakat Desa Kupang, Kecamatan Jetis. Pada tahun 2024, perayaan ini diharapkan menjadi ajang kebersamaan yang memperkuat semangat cinta tanah air dan gotong royong. Untuk memastikan seluruh kegiatan dapat terdokumentasi dengan baik, pendampingan dokumentasi dianggap sangat penting. Tim dokumentasi akan bertugas mengabadikan momen-momen penting selama perayaan, mulai dari persiapan hingga puncak acara, sehingga dapat menjadi arsip sejarah dan referensi untuk kegiatan di masa mendatang.

The commemoration of Indonesia's Independence Day on August 17th is a significant historical moment celebrated by all Indonesians, including the residents of Desa Kupang, Kecamatan Jetis. In 2024, this celebration aims to be a moment of unity that strengthens national pride and the spirit of cooperation. To ensure that all activities are well-documented, specialized documentation support is deemed crucial. A documentation team will be responsible for capturing key moments throughout the event, from preparation to the culmination, providing valuable historical records and references for future activities.

References

A Nurindra Y, Muhammad Nawir and Ainun Jariah (2023) ‘Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri Unggulan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu’, COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), pp. 325–335. Available at: https://doi.org/10.58738/compass.v1i2.399.

Febrianti, D. et al. (2023) ‘Rebranding UMKM Desa Watugolong: Meningkatkan Brand Awareness dari UMKM Keripik Gadung’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.735.

Muhtarom, H. and Marta, N. (2024) ‘Filosofi Pergerakan Organisasi Budi Utomo dalam Membentuk Identitas Kebangsaan Masyarakat di Era Globalisasi’, Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(1), pp. 173–179. Available at: https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.763.

Oktaviyani, M. and Sukmayadi, T. (2020) ‘Penguatan Nilai-Nilai Gotong Royong di Kampung Potronanggan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul’, Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), p. 65. Available at: https://doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.17923.

Putri, O.I.N. et al. (2023) ‘Simpang Education sebagai Sarana Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.746.

Setianingsih, E. and Dewi, D.A. (2024) ‘Pentingnya Jiwa Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Masyarakat untuk Mendukung Pendidikan Kewarganegaraan’, Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 4(1), pp. 29–34. Available at: https://doi.org/10.56393/rhizome.v1i8.249.

Zai, R. et al. (2024) ‘Urgensi Filosofi Dasar-dasar Indonesia Merdeka dalam Pendidikan Kewarganegaraan’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), pp. 3403–3408. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.2425.

Zulfikar, M.F. and Dewi, D.A. (2021) ‘Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa’, Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), pp. 104–115. Available at: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171.

Downloads

Published

29-07-2025

How to Cite

Pendampingan Dokumentasi Kegiatan 17 Agustus sebagai Penguat Semangat Gotong Royong dan Nasionalisme. (2025). Nusantara Community Empowerment Review, 3(2), 294-298. https://doi.org/10.55732/f5bvyc95