Penyediaan Papan Informasi di Dermaga Depo Pasar Ikan Sidoarjo sebagai Sarana Literasi Wisata Religi Dewi Sekardadu
DOI:
https://doi.org/10.55732/wh0ayq47Keywords:
Dewi Sekardadu, Papan Informasi, Sarana Literasi, Wisata ReligiAbstract
Setiap tahun banyak sekali peziarah yang mengunjungi wisata religi Dewi Sekardadu. Salah satu akses menuju lokasi wisata religi Dewi Sekardadu yakni melalui dermaga depo pasar ikan, disana para pengunjung menunggu kapal tanpa melakukan apapun. Maka dari itu pengabdian masyarakat ini menyediakan papan informasi sebagai sarana literasi untuk memberikan informasi kepada pengunjung ketika menunggu kapal. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi dan wawancara langsung di lapangan. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa papan informasi dimanfaatkan dengan baik oleh pengunjung ketika menunggu kapal serta dapat menambah wawasan pengunjung mengenai wisata religi Dewi Sekardadu. Adanya papan informasi selain untuk mengisi waktu luang pengunjung ketika menunggu kapal juga sebagai sarana literasi yang berguna untuk pengunjung.
Every year, numerous pilgrims visit the Dewi Sekardadu religious site. One way to access the Dewi Sekardadu religious site is through the fish market depot pier, where visitors wait for boats without doing anything. Therefore, this community service provided an information board as a literacy tool to provide information to visitors while they wait for the boat. This community service used qualitative methods through direct observation and interviews in the field. The results of this community service show that the information board is well-utilized by visitors while waiting for the boat and can increase their knowledge about the Dewi Sekardadu religious site. The presence of the information board not only fills visitors' free time while waiting for the boat but also serves as a useful literacy tool for visitors.
References
Hanso, B. (2019) ‘Media Pembelajaran Komik Sebagai Sarana Literasi Informasi Dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar’, Prossiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2017), pp. 1–23. Available at: https://doi.org/10.33578/psn.v1i1.7781.
Hariyanto, D. et al. (2020) ‘Konstruksi Realitas Makam Dewi Sekardadu dalam Komunikasi Pariwisata Pro-Poor di Sidoarjo’, Jurnal Komunikatif, 9(2), pp. 229–243. Available at: https://doi.org/10.33508/jk.v9i2.2704.
Jupri, A. et al. (2021) ‘Rancang Bangun Papan Informasi Destinasi Wisata sebagai Penunjuk Lokasi Wisatawan di Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur’, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), pp. 380–385. Available at: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1578.
Mayyanti, S. and Raikhapoor (2025) ‘Strategi Penggunaan Media Komunikasi Untuk Mengoptimalkan Kinerja Organisasi Remaja Hutatinggi’, Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(1), pp. 1092–1105.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nusantara Community Empowerment Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
