Peran Pengabdian Masyarakat dalam Membina Santri Mewujudkan Masjid Nyaman dan Pusat Kegiatan Umat di Pesantren Nurul Ikhlas Sepande Sidoarjo

Authors

  • Ahmad Rojab Awwaluddin Ardiansyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muhammad Mustaqim Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Abdulloh Hamid Muqorrobin Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.992

Keywords:

Masjid, Pengabdian masyarakat, Santri

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada santri setempat tentang mewujudkan masjid yang nyaman dan fungsi serta peran masjid sebagai pusat kegiatan umat. Melalui kegitan menjadi relawan kegiatan masjid, sosialisasi fungsi dan peran masjid dan edukasi keutamaan masjid. Metode yang dilakukan yaitu observasi dan wawancara tetang pemahaman tentang masjid. Pentingnya mewujudkan masjid yang nyaman serta memanfaatkan masjid sebagai mana fungsi dan perannya yang tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah yang nyaman melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat seperti pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Community service is a concrete manifestation of the duties of lecturers and students in carrying out the Tri Dharma of Higher Education, namely the aspect of service. Community service activities create a synergy between universities and the community. The purpose of this service is to provide understanding to local students about creating a comfortable mosque and the function and role of the mosque as a center for community activities through volunteering for mosque activities, socializing on the tasks and roles of mosques, and educating the virtues of mosques. The method used is observation and interviews about the understanding of the mosque. The importance of creating comfortable mosques and utilizing mosques according to their functions and roles is not only used as a comfortable place of worship but also as a center for community activities such as education, economy, and health.

References

Abdirahman, R.Z. et al. (2023) ‘Studi Pemanfaatan Sampah Organik untuk Perkembangbiakan Maggot di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Trosobo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.755.

Albab Al Umar, A.U. et al. (2021) ‘Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19’, E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 39–44. Available at: https://doi.org/10.47492/eamal.v1i1.377.

Anugrah, M.R. et al. (2023) ‘Pengabdian Masyarakat Penyaringan Air Menggunakan Alat Sederhana untuk Meningkatkan Kejernihan Air di Desa Kedungpeluk Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.754.

Fadhila, D.N. et al. (2023) ‘Seminar Penguatan Ideologi Pancasila di Madrasah Aliyah Salafiyah Ketegan Tanggulangin’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.756.

FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.

Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.

Hawari, D. (2022) Dimensi Religi dalam Praktek Psikiatri dan Psikologi. Jakarta: Jakarta Balai Penerbitan FKUI.

Lazwardi, D. (2017) ‘Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan’, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112.

Napitupulu, D. et al. (2020) Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pondok Pesantren Nurul Ikhlas (2022) Laporan Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Tahun 2022, Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo.

Purwantiasning, A.W. et al. (2020) ‘Disain Pengembangan Masjid At-Muttaqin Yayasan Yaspia Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT), 3(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.24853/jpmt.3.1.1-6.

Sodik, F. (2020) ‘Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia’, Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.372.

Sujana, I.W.C. (2019) ‘Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia’, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), p. 29. Available at: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Syardiansah, S. (2019) ‘Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa’, JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), pp. 57–68. Available at: https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915.

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Ardiansyah, A. R. A., Mustaqim, M., & Muqorrobin, A. H. . (2023). Peran Pengabdian Masyarakat dalam Membina Santri Mewujudkan Masjid Nyaman dan Pusat Kegiatan Umat di Pesantren Nurul Ikhlas Sepande Sidoarjo. Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), 112–116. https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.992