Peningkatan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Bimbingan Gratis di Desa Tulangan untuk Mencapai SDG’s Poin ke-4 Pendidikan Berkualitas

Authors

  • Nur Afia Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Laily Muzdalifah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nuzula Firdausi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Tiya Wigati Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Doa Gadis Kristina Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.977

Keywords:

Bimbingan belajar, Pendidikan, Pengabdian masyarakat

Abstract

Pada prakarsa bimbingan belajar, kegiatan pengabdian masyarakat ini berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Balai Desa Tulangan adalah tempat berlangsungnya bimbingan belajar. Materi tersedia dari TK hingga SMP, dan materi disesuaikan dengan kebutuhan anak. Pelaksanaan untuk sesi bimbingan belajar adalah Senin sampai Kamis dari pukul 18:00 sampai 19:00 WIB. Guru (tutor) membimbing dan menginstruksikan siswa saat mengerjakan pekerjaan rumah (PR), serta mengajari mereka tentang konsep yang mungkin belum sepenuhnya mereka pahami selama pengajaran di kelas. Semua mata pelajaran dan tingkat kelas tercakup dalam bimbel ini, kecuali mata pelajaran bahasa Inggris tingkat sekolah menengah pertama. Tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, penilaian kegiatan, dan penyusunan laporan membentuk kegiatan bimbingan belajar ini. Luaran dari kegiatan bimbingan belajar ini adalah sejauh mana kepuasan orang tua atau wali terhadap peningkatan prestasi akademik anaknya di sekolah setelah mengikuti kegiatan bimbingan belajar ini. Hal ini dikarenakan setelah mengikuti bimbingan belajar, anak-anak merasa lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas sekolah (PR) dengan baik, dan tidak ada tugas yang diabaikan karena ada seorang guru (tutor) yang membimbing mereka. Pengulangan materi yang diajarkan oleh tutor sepulang sekolah juga membantu siswa lebih memahami materi yang mereka pelajari di kelas, dan siswa serta lulusan baru dapat menggunakan waktu luang mereka di sore hari untuk terlibat dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti aktif mengajar di kelas.

The tutoring initiative, this community service activity, seeks to improve the quality of education. The Tulangan Village Hall is the place for tutoring to take place. Materials are available from Kindergarten to Middle School and tailored to children's needs. Implementation for tutoring sessions is Monday to Thursday from 18:00 to 19:00 WIB. The teacher (tutor) guides and instructs students when doing homework (PR) and teaches them about concepts they may need help understanding during class teaching. All subjects and class levels are covered in this tutoring, except for junior high school-level English subjects. The stages of planning, implementing activities, evaluating activities, and compiling reports form this tutoring activity. The output of this tutoring activity is the extent to which parents or guardians are satisfied with the increase in their child's academic achievement at school after participating in this tutoring activity. This is because after attending tutoring, children feel more motivated to do their schoolwork (homework) well, and no assignments are neglected because there is a teacher (tutor) who guides them. Repetition of the material taught by tutors after school also helps students better understand the material they are learning in class, and students and recent graduates can use their free time in the afternoon to engage in activities that benefit society, such as actively teaching in class.

References

Agustina, R. et al. (2020) Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Data Pokok Pendidikan (2021) Data Sekolah, Data Pokok Pendidikan. Available at: https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/3/050208 (Accessed: 31 August 2022).

Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (2021) Kode Pos Desa dan Kelurahan di Kecamatan Tulangan, Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil. Available at: https://kodepos.nomor.net/_kodepos.php?_i=desa- kodepos&sby=010000&daerah=Kecamatan-Kab.-Sidoarjo&jobs=Tulangan (Accessed: 31 August 2022).

FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.

Febrianti, D. et al. (2023) ‘Rebranding UMKM Desa Watugolong: Meningkatkan Brand Awareness dari UMKM Keripik Gadung’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.735.

El Fiah, R. and Purbaya, A.P. (2017) ‘Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016’, KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), pp. 171–184. Available at: https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564.

Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.

H., V. V. (2020) ‘Social Responsibility of Students: The Role and Importance of Education’, J. Nat. Remedies, 21(8), pp. 972–5547.

Kaluge, L. (2004) ‘The Quality Improvement of Primary Children Learning through a School-Based Programme in Indonesia’.

Kompasiana (2020) Pendidikan Inklusif Sebagai Langkah Dasar dalam Mencapai Sustainable Development di Indonesia, Kompasiana. Available at: https://www.kompasiana.com/aiswallace/5f0be1f6097f364e6e483572/pendidikan- inklusif-sebagai-langkah-dasar-dalam-mencapai-sustainable-development-di- indonesia?page=7&page_images=2 (Accessed: 31 August 2022).

Napitupulu, D. et al. (2020) Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Prasetya, I. et al. (2019) ‘Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar’, Buletin KKN Pendidikan, 1(1). Available at: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286.

Putri, O.I.N. et al. (2023) ‘Simpang Education sebagai Sarana Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.746.

Ramjane, K.U. et al. (2023) ‘Peningkatan Pemahaman Tema Anggota Tubuh dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran: Studi Kasus TK Dharma Wanita Persatuan di Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.747.

Sormin, D., Azizah Sormin, M. and Rahma Yanti Sormin, M. (2021) ‘Bimbingan Belajar Gratis Bagi Siswa Kurang Mampu di Desa Sialogo Kabupaten Tapanuli Selatan’, Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), p. 313. Available at: https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.313-316.

Yuliana, D. (2019) ‘Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis di Desa Gebangan’, MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), p. 10. Available at: https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.287.

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Afia, N., Muzdalifah, L. ., Firdausi, N. ., Wigati, T. ., & Kristina, D. G. . (2023). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Bimbingan Gratis di Desa Tulangan untuk Mencapai SDG’s Poin ke-4 Pendidikan Berkualitas. Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.977