Kegiatan Berbasis Pendidikan sebagai Upaya Khidmah kepada Masyarakat di Desa Sumokali
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.976Keywords:
Pembelajaran, Pendampingan Belajar, Pendidikan, Pengabdian MasyarakatAbstract
Pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan adalah salah satu kegiatan sivitas akademika UNUSIDA di desa Sumokali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Pengabdian masyarakat adalah sarana untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, isi dari Tri Dharma Perguruan tinggi ada tiga poin yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sumokali maka terjadi sinergisme antara mahasiswa perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi. Metode yang digunakan dalam program pendampingan pembelajaran yaitu dengan memberikan pendampingan proses belajar secara eksklusif dan memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan, misalnya dengan pemberian materi melalui nyanyian, permainan, kuis dan lain sebagainya. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar akan pentingnya sebuah pendidikan sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa dan meningkatkan minat belajar siswa-siswi SDN Sumokali dan MI Sumokali dengan pengajaran yang menyenangkan. Wujud pengabdian dilakukan melalui kegiatan pengajaran di SDN Sumokali, MINU Sumokali dan kegiatan bimbingan belajar “Rumah Pintar” di balai Desa Sumokali. Hasil pengabdian ini memberikan gambaran antusias dan naiknya semangat siswa-siswi SDN Sumokali dan Madrasah Ibtidaiyah NU Sumokali dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Community service in the field of Education is one of the activities of the UNUSIDA academic community in Sumokali Village, Candi District, Sidoarjo Regency. Community service is a means to apply the Tri Dharma of Higher Education, and the content consists of three points: Education and teaching, research and development, and community service. Through community service activities in Sumokali Village, there is synergy between university students and the community as a form of democratic knowledge. The method used in the learning assistance program is by providing exclusive learning process assistance and fun learning methods, for example, by providing material through songs, games, quizzes, etc. The purpose of this service is to give the surrounding community the importance of Education to educate the nation's children and increase students' interest in learning at SDN Sumokali and MI Sumokali with fun teaching. Service is carried out through teaching activities at Sumokali Elementary School, Sumokali MINU, and "Smart House" tutoring activities at the Sumokali Village Hall. The results of this service provide an overview of the enthusiasm and increased enthusiasm of the students of SDN Sumokali and Madrasah Ibtidaiyah NU Sumokali in carrying out teaching and learning activities.
References
Abdirahman, R.Z. et al. (2023) ‘Studi Pemanfaatan Sampah Organik untuk Perkembangbiakan Maggot di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Trosobo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.755.
Agustina, R. et al. (2020) Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Anugrah, M.R. et al. (2023) ‘Pengabdian Masyarakat Penyaringan Air Menggunakan Alat Sederhana untuk Meningkatkan Kejernihan Air di Desa Kedungpeluk Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.754.
Desa Sumokali (2022) Laporan Desa Sumokali Tahun 2022, Desa Sumokali.
Fadhila, D.N. et al. (2023) ‘Seminar Penguatan Ideologi Pancasila di Madrasah Aliyah Salafiyah Ketegan Tanggulangin’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.756.
FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.
Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.
Napitupulu, D. et al. (2020) Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Pemerintah Pusat (2003) Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, JDIH BPK RI. Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003 (Accessed: 31 August 2022).
Rosaria, D. and Novika, H. (2018) ‘Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) di Desa Semangat dalam RT.31Handil Bhakti’, Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2). Available at: https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751.
Zogara, J.L. et al. (2022) ‘Meningkatkan Karakter Baik Generasi Muda Penerus Bangsa Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z Pada Era Society 5.0’, in Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nusantara Community Empowerment Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.