Simpang Education sebagai Sarana Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidoarjo

Authors

  • Ovelia Ikhsandra Nurcahya Putri Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Agus Rachmad Purnama Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Maulfi Ihza Mahrizal Zuhri Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Fitri Nur Fadhilah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Andi Maulana Prabawa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Assayyidatina Fatimah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Alvin Ihyaul Nurman Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.746

Keywords:

Literasi, Pendidikan, Pengabdian Masyarakat, Pola Pikir

Abstract

Tridharma Perguruan Tinggi memiliki peran yang sangat besar dan berpengaruh secara efektif sebagai alternatif solusi untuk memecahkan permasalahan di masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, mengembangkan pola pikir siswa, mempelajari tatanan pengajaran, sarana belajar tambahan dan menguatkan semangat literasi. Pengabdian masyarakat dilaksanakan secara bertahap melalui metodelearning by gamesdan kuis. Mitra pengabdian masyarakat adalah Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum di Sidoarjo. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang diperoleh adalah memenuhi kebutuhan belajar siswa di luar kelas, membantu dan membimbing siswa diluarjam sekolah untuk mengerjakan tugas yang diterima dari guru.

The Tridharma of Higher Education has a very large and effective role as an alternative solution to solving problems in the community through community service programs. The purpose of this community service program is to develop students' mindsets, learn teaching arrangements, additional learning facilities and strengthen the spirit of literacy. Community service is carried out in stages through the method of learning by games and quizzes. The community service partner is Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum in Sidoarjo. The results of Community Service obtained are meeting students' learning needs outside the classroom and helping and guiding students outside school hours to work on assignments received from the teacher.

References

Al-Muwattho, F.P., Aminuyati, A. and Okianna, O. (2018) ‘Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2). Available at: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i2.24076.

Azman, N. (2013) Kamus Standar Bahasa Indonesia. Bandung: Fokusmedia.Baro’ah, S. (2020) ‘Kebijakan Merdeka Belajar sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan’, Jurnal Tawadhu, 4(1), pp. 1063–1073.

Firdaus, M. et al.(2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.

Nasrudin, N. and Maryadi, M. (2019) ‘Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD’, Manajemen Pendidikan, 13(2), pp. 15–23. Available at: https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363.

Pawero, A.M.D. (2021) ‘Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya terhadap Kebijakan Pendidikan’, DIRASAH: Jurnal Studi Ilmu dan ManajemenPendidikan Islam, 4(1). Available at: https://doi.org/10.29062/dirasah.v4i1.177.

Pemerintah Pusat (2003) Undang-Undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional, JDIH BPK RI. Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003 (Accessed: 1 September 2022).

Rahkadima, Y.T., Fitri, M.A. and Wulandari, R.S. (2019) ‘Aplikasi Manajemen Keuangan pada UMKM Telur Asin di Desa Kebonsari Kabupaten Sidoarjo’, Journal of Science and Social Development, 2(2).

Simpang Education (2022) Laporan Simpang Education Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidoarjo Tahun 2022, Simpang Education Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidoarjo.

Tamyiz, M., Prasetyo, W. and Achmadi, F. (2019) ‘Pelatihan Pemasaran Daring bagi Kelompok Usaha Pengolahan IkanMina Sekar di Desa Tambak Oso’, Journal of Science and Social Development, 2(1).

Wicaksono, D.A. (2017) Manfaat Metode Kuis dalam Pembelajaran, Utak Atik Otak. Available at: https://www.utakatikotak.com/Manfaat-Metode-Kuis-Dalam-Pembelajaran/kongkow/detail/5322 (Accessed: 2 September 2022).

Widiyanti, A. et al.(2019) ‘Pengelolaan Bank Sampah Cangkringsari Berseri Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo Berbasis Web dan Mobile’, Journal of Science and Social Development, 2(2).

Downloads

Published

12-01-2023

How to Cite

Putri, O. I. N., Purnama, A. R., Zuhri, M. I. M., Fadhilah, F. N., Prabawa, A. M., Fatimah, A., & Nurman, A. I. (2023). Simpang Education sebagai Sarana Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidoarjo. Nusantara Community Empowerment Review, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.746