Efektivitas Pelatihan Microsoft Office dan Canva dalam Meningkatkan Kemampuan Teknologi Digital
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v3i1.1543Keywords:
Canva, Microsoft Office, Pelatihan teknologi digital, Pengabdian MasyarakatAbstract
Pelatihan teknologi digital sangat penting untuk menjembatani kesenjangan keterampilan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam pembuatan dokumen, pengelolaan data, dan desain presentasi multimedia. Metode pelatihan meliputi penyampaian materi teoretis, praktik langsung, dan pendampingan intensif, dengan evaluasi yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta. Program ini menawarkan pendekatan unik melalui integrasi Microsoft Office dan Canva, yang berkontribusi pada peningkatan kemampuan komunikasi visual peserta. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat direplikasi di institusi pendidikan lain untuk mendukung kesiapan tenaga kerja yang kompetitif di era digital.
Digital technology training is essential to bridge the gap in students' skills in facing the technology-based world of work. This community service activity aims to improve participants' document creation, data management, and multimedia presentation design abilities. The training method includes delivering theoretical materials, hands-on practice, and intensive mentoring, with evaluations showing significant improvements in participants' skills. This program offers a unique approach by integrating Microsoft Office and Canva, which contributes to improving participants' visual communication skills. The results of this training are expected to be replicated in other educational institutions to support the readiness of a competitive workforce in the digital era.
References
Aryani, N. et al. (2024) ‘Pemanfaatan Lahan Kosong Menjadi Area Hijau Tanaman Obat Keluarga: Langkah Menuju Kesehatan Berkelanjutan’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), pp. 56–62. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1322.
Aswan, A. (2023) ‘Pelatihan Penggunaan Microsoftt Office Word, Powerpoint, Excel 2010 Dan Gmail di Sma Arastamar Air Upas’, Jurnal PKM Setiadharma, 4(2), pp. 80–89. Available at: https://doi.org/10.47457/jps.v4i2.347.
Harianto, W.E. and Fahriani, D. (2024) ‘Sosialisasi Internet Sehat dan Pengenalan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Menengah Pertama’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), pp. 96–101. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1340.
Hartini, H., Eka Apriyanti and Hasria Alang (2022) ‘Pelatihan Microsoft Office kepada Remaja di Desa Kindang’, PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 57–62. Available at: https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.815.
Meliasari, D., Purwanto, P. and Syarifah, L. (2024) ‘Meningkatkan Kemampuan Penggunaan Microsoft Office Melalui Pelatihan Pada Remaja di Desa Beseran’, Jurnal Selaparang, 8(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.22212.
Nadeak, E., Elfaladonna, F. and Malahayati, M. (2023) ‘Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang)’, Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), pp. 201–206. Available at: https://doi.org/10.59025/js.v2i3.103.
Nur Adiya, A.Z.D. and Tahyudin, I. (2024) ‘Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Abdi Negara 1 Kaligondang, Purbalingga’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(2), pp. 319–329. Available at: https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2316.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nusantara Community Empowerment Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.