Peningkatan Produktivitas dan Manajemen Bisnis UMKM Kebab Vrindavan Mbaknyen melalui Teknologi Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v3i1.1467Keywords:
UMKM, Produktivitas, Manajemen bisnis, Teknologi inovatifAbstract
UMKM Kebab Vrindavan Mbaknyen merupakan salah satu unit usaha yang memiliki potensi besar untuk berkembang, namun menghadapi tantangan dalam produktivitas dan pengelolaan bisnis. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan manajemen bisnis UMKM tersebut melalui penerapan teknologi inovatif. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, pelatihan penggunaan teknologi pendukung, serta pendampingan implementasi teknologi dalam operasional harian. Hasil program menunjukkan peningkatan efisiensi proses produksi sebesar 30% serta perbaikan dalam sistem manajemen keuangan dan inventaris. Selain itu, UMKM berhasil meningkatkan jangkauan pasar melalui pemanfaatan platform digital. Kesimpulannya, penerapan teknologi inovatif secara efektif mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM. Program ini diharapkan menjadi model yang dapat direplikasi pada UMKM lain untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.
References
Asyik, N.F. et al. (2022) ‘Aplikasi Digital Pengelolaan Keuangan, Sarana Meningkatkan Penjualan UMKM Makanan Minuman di Kabupaten Gresik’, Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 2(3), pp. 103–107. Available at: https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5265.
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (2021) ‘Panduan Digitalisasi UMKM di Indonesia’, in Kementerian Koperasi dan UKM RI. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM RI.
Mahpuz, M. et al. (2021) ‘Pelatihan Pembinaan UMKM Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan SDM Pelaku UMKM’, ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), pp. 212–219. Available at: https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206.
Rokhmah, B.E. and Yahya, I. (2020) ‘Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar’, Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf, 1(2).
Susanto, B. et al. (2020) ‘Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM’, Community Empowerment, 6(1), pp. 42–47. Available at: https://doi.org/10.31603/ce.4244.
Triyaningsih, L. et al. (2024) ‘Pelatihan Strategi Pemasaran Digital dan Pengelolaan Keuangan Digital Pada UMKM Sultan Bag’, Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nusantara Community Empowerment Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.