Peningkatan Produktivitas dan Manajemen Bisnis UMKM Kebab Vrindavan Mbaknyen melalui Teknologi Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v3i1.1467Keywords:
UMKM, Produktivitas, Manajemen bisnis, Teknologi inovatifAbstract
UMKM Kebab Vrindavan Mbaknyen merupakan salah satu unit usaha yang memiliki potensi besar untuk berkembang, namun menghadapi tantangan dalam produktivitas dan pengelolaan bisnis. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan manajemen bisnis UMKM tersebut melalui penerapan teknologi inovatif. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, pelatihan penggunaan teknologi pendukung, serta pendampingan implementasi teknologi dalam operasional harian. Hasil program menunjukkan peningkatan efisiensi proses produksi sebesar 30% serta perbaikan dalam sistem manajemen keuangan dan inventaris. Selain itu, UMKM berhasil meningkatkan jangkauan pasar melalui pemanfaatan platform digital. Kesimpulannya, penerapan teknologi inovatif secara efektif mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM. Program ini diharapkan menjadi model yang dapat direplikasi pada UMKM lain untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.
Vrindavan Mbaknyen Kebab MSMEs are one of the business units that have great potential to grow but face challenges in productivity and business management. This service program aims to increase the productivity and business management of these MSMEs through the application of innovative technology. The methods used include needs analysis, training on the use of supporting technology, and assistance in the implementation of technology in daily operations. The results of the program showed an increase in the efficiency of the production process by 30%, as well as improvements in the financial management and inventory system. In addition, MSMEs have succeeded in increasing market reach using digital platforms. In conclusion, the application of innovative technology can improve the productivity and competitiveness of MSMEs effectively. This program is expected to be a model that can be replicated in other MSMEs to support local economic growth.
References
Asyik, N.F. et al. (2022) ‘Aplikasi Digital Pengelolaan Keuangan, Sarana Meningkatkan Penjualan UMKM Makanan Minuman di Kabupaten Gresik’, Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 2(3), pp. 103–107. Available at: https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5265.
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (2021) ‘Panduan Digitalisasi UMKM di Indonesia’, in Kementerian Koperasi dan UKM RI. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM RI.
Mahpuz, M. et al. (2021) ‘Pelatihan Pembinaan UMKM Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan SDM Pelaku UMKM’, ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), pp. 212–219. Available at: https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206.
Rokhmah, B.E. and Yahya, I. (2020) ‘Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar’, Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf, 1(2).
Susanto, B. et al. (2020) ‘Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM’, Community Empowerment, 6(1), pp. 42–47. Available at: https://doi.org/10.31603/ce.4244.
Triyaningsih, L. et al. (2024) ‘Pelatihan Strategi Pemasaran Digital dan Pengelolaan Keuangan Digital Pada UMKM Sultan Bag’, Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nusantara Community Empowerment Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.