Webinar UMKM: Implementasi Strategi Digitalisasi dalam Meningkatkan Daya Saing di Era Digital

Authors

  • Lilik Cahyani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Rikke Kurniawati Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Dwi Nur Laila Wati Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • I Putu Oka Surya Pratama Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nurlivia Deviranty Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Novita Dwi Adeliyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ncer.v3i1.1410

Keywords:

Digitalisasi, pengabdian masyarakat, UMKM, Webinar

Abstract

Kemajuan teknologi yang cepat telah mendorong digitalisasi di berbagai sektor, termasuk sektor UMKM. Digitalisasi memberikan peluang besar bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing, efisiensi operasional, dan memperluas jangkauan pasar. Webinar bertema "Strategi Digitalisasi untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM" diadakan untuk memberikan pemahaman dan strategi praktis kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya digitalisasi dalam meningkatkan daya saing bisnis mereka di era digital. Menggunakan metode penyuluhan dan pelatihan interaktif, webinar ini menghadirkan studi kasus nyata serta sesi tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman peserta.. Hasil dari webinar menunjukkan bahwa para peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara memanfaatkan digitalisasi untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan branding. Selain itu, dukungan dari organisasi seperti HIPMI membantu UMKM dalam menghadapi tantangan digitalisasi. Webinar ini juga menunjukkan bahwa digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi operasional dan akses pasar yang lebih luas bagi UMKM.

Rapid technological advances have driven digitalization in various sectors, including the MSME sector. Digitalization provides great opportunities for MSMEs to increase competitiveness, and operational efficiency, and expand market reach. The webinar "Digitalization Strategy to Increase MSME Competitiveness" was held to provide an understanding and practical strategies to MSME players regarding the importance of digitalization in increasing their business competitiveness in the digital era. Using interactive counselling and training methods, this webinar presented real case studies and question-and-answer sessions to improve participants' understanding. The results of the webinar showed that participants gained a better understanding of how to utilize digitalization to expand market reach and improve branding. In addition, support from organizations such as HIPMI helps MSMEs face the challenges of digitalization. This webinar also showed that digitalization can improve operational efficiency and wider market access for MSMEs.

References

Aisyah, S.N. et al. (2024) ‘Peran Mahasiswa sebagai Tenaga Pengajar untuk Meningkatkan Pendidikan’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), pp. 133–138. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1016.

Andi Candra, Y.T. and Ahmad Pabulo, A.M. (2024) ‘Pengaruh E-Payment Services dan E-Commerce Services Terhadap Kinerja UMKM yang Dimediasi oleh Digitalization Knowledge “Studi Kasus Pada UMKM Food and Beverage di Daerah Istimewa Yogyakarta”’, Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 11(1), pp. 48–61. Available at: https://doi.org/10.36987/ecobi.v11i1.5296.

Irianto, H. et al. (2023) ‘Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa Tengklik’, Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 1(2), p. 60. Available at: https://doi.org/10.20961/cosmed.v1i2.66865.

Madaniah, A.N. et al. (2024) ‘Inovasi Pemanfaatan Limbah Sampah Menjadi Paving Block di Desa Kalanganyar Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), pp. 37–42. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1309.

Putra, T.W.A., Solechan, A. and Hartono, B. (2023) ‘Transformasi Digital Pada UMKM dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar’, Jurnal Informatika Upgris, 9(1). Available at: https://doi.org/10.26877/jiu.v9i1.15096.

Suparjiman et al. (2024) ‘Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Online di Desa Sindangpanon’, BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), pp. 391–398. Available at: https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2.810.

Supriono, A. et al. (2024) ‘Penerapan Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kakanan Dhisa Trebungan di Era Digitalisasi’, Integritas: Jurnal Pengabdian, 8(1), p. 232. Available at: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i1.4269.

Widowati, D., Darasih, R. and Ibrahim, H.D. (2023) ‘Digitalisasi Rantai Pasok Terhadap Kinerja Perusahaan yang Dimediasi Integrasi Internal’, Action Research Literate, 7(9), pp. 97–116. Available at: https://doi.org/10.46799/arl.v7i9.165.

Downloads

Published

23-01-2025

How to Cite

Cahyani, L. ., Kurniawati, R. ., Wati, D. N. L. ., Pratama, I. P. O. S. ., Deviranty, N. ., & Adeliyah, N. D. . (2025). Webinar UMKM: Implementasi Strategi Digitalisasi dalam Meningkatkan Daya Saing di Era Digital. Nusantara Community Empowerment Review, 3(1), 124–128. https://doi.org/10.55732/ncer.v3i1.1410