Optimalisasi Daya Saing UMKM Melalui Strategi Personal Branding di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v3i1.1396Keywords:
Branding, Daya saing, Logo, Pengabdian Masyarakat, Digitalisasi UMKMAbstract
Program pengabdian masyarakat ini berfokus pada peningkatan daya saing UMKM di RT 40 Magersari, yang menghadapi masalah minimnya branding akibat kurangnya logo usaha, yang menghambat pemasaran produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat identitas merek UMKM melalui desain logo dan pembuatan plakat, guna meningkatkan kehadiran pasar mereka. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, pendataan UMKM, perancangan logo, dan pembuatan plakat berbahan banner. Hasil menunjukkan bahwa logo dan plakat berhasil meningkatkan visibilitas, penjualan, dan kepercayaan konsumen terhadap produk UMKM setempat. Kebaruan dari program ini adalah pendekatan berbasis personal branding untuk UMKM rumahan di komunitas lokal. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya strategi branding sebagai alat utama untuk mendukung daya saing dan pertumbuhan ekonomi berbasis komunitas.
References
Aisyah, S.N. et al. (2024) ‘Peran Mahasiswa sebagai Tenaga Pengajar untuk Meningkatkan Pendidikan’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), pp. 133–138. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1016.
Madaniah, A.N. et al. (2024) ‘Inovasi Pemanfaatan Limbah Sampah Menjadi Paving Block di Desa Kalanganyar Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), pp. 37–42. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1309.
Mashuri, M. and Nurjannah, D. (2020) ‘Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing’, JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), pp. 97–112. Available at: https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205.
Munthe, A., M. Yarham and Ridwana Siregar (2023) ‘Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia’, Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 2(3), pp. 593–614. Available at: https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.321.
Nazhif, M.N. and Nugraha, I. (2023) ‘Branding UMKM untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection’, SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), p. 261. Available at: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673.
Nurpratama, M., Sonjaya, N.S. and Yudianto, A. (2024) ‘Studi Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kabupaten Indramayu’, 8(3), pp. 822–831.
Sifwah, M.A. et al. (2024) ‘Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM’, MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), pp. 109–118. Available at: https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592.
Syafi’i, M. and Hifaturrisqi, F.D.V. (2022) ‘Pendistribusian Dana ZIS (Zakat, Infaq dan Shadaqah) dalam Mengoptimalkan Personal Branding UMKM di Kecamatan Kalibaru (Studi Kasus di Lazismu Kecamatan Kalibaru)’, Jurnal Ekonomi Syari’ah, 4(1), pp. 27–42.
Warren, G. (2024) ‘A Social Capital Framework to Understand The Particularities and Power Dynamics in City Branding’, Marketing Theory, 0(0), pp. 1–26. Available at: https://doi.org/10.1177/14705931241275548.
Wirawan, A.D. et al. (2024) ‘Membangun Personal Branding pada UMKM Kerupuk Kedelai “berkah” melalui pembuatan logo dan kemasan’, Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), pp. 65–75.
Xu, D., Shen, J. and Xu, J. (2023) ‘Branding a City through Journalism in China: The Example of Shenzhen’, Journalism, 24(1), pp. 193–210. Available at: https://doi.org/10.1177/14648849211004022.
Zulfikri Toguan (2021) ‘Problematika Hak Kekayaan Intelektual di Bidang Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah’, UIRLawReview, 5(2), p. 51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nusantara Community Empowerment Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.