Strategi Inovasi dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasi Menthok Bu Roni
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1229Keywords:
Daya saing, Inovasi Produk, Pemasaran Digital, Pengabdian masyarakat, UMKMAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM nasi menthok Bu Roni melalui inovasi pengembangan produk dan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan observasi, wawancara mendalam dengan pemilik usaha, dan analisis dokumen terkait. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa inovasi dalam kemasan produk menjadi lebih modern dan kekinian serta desain logo yang menarik berhasil meningkatkan daya tarik dan minat konsumen. Selain itu, penggunaan media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Google Maps terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan interaksi dengan konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing UMKM ini meliputi kualitas produk yang konsisten, inovasi dalam menu dan kemasan, serta strategi pemasaran yang tepat. Kontribusi pengabdian masyarakat ini terletak pada bukti empiris bahwa kombinasi antara inovasi produk dan pemasaran.
This community service aims to increase the competitiveness of Bu Roni's Nasi Menthok MSME through product development innovation and the use of social media as a marketing tool. The community service method used is a qualitative approach with case studies, involving observation, in-depth interviews with business owners, and analysis of related documents. The results of community service show that innovation in product packaging has become more modern and contemporary and an attractive logo design has succeeded in increasing consumer appeal and interest. In addition, the use of social media such as Instagram, WhatsApp, and Google Maps has proven effective in expanding market reach and increasing interaction with consumers. Factors that influence the competitiveness of this MSME include consistent product quality, innovation in menus and packaging, and the right marketing strategy. The contribution of this community service lies in empirical evidence that the combination of product innovation and marketing.
References
Agustin, A. et al. (2023) ‘Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi’, Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16, p. 33.
Bima, M.A.R.S. et al. (2024) ‘Peranan Mahasiswa dalam Membentuk Desa Wisata Gisik Cemandi sebagai Destinasi Pariwisata di Kecamatan Sedati, Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), pp. 9–16. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1141.
Damayanti, D., Saputra Alamsyah, A.I. and Atirah, A. (2023) ‘Peranan UMKM Terhadap Kesejahteraan Karyawan’, Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), pp. 48–58. Available at: https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v5i1.1725.
Dwinov, T. et al. (2024) ‘Pengaruh Media Sosial dan Keterampilan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening Pada UMKM Kota Tebing Tinggi Pra Survey 30 UMKM Kuliner Di’, SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), pp. 1563–1577.
Elita Tarihoran, J. et al. (2021) ‘Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up di Indonesia’, KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), p. 72. Available at: https://doi.org/10.32493/jk.v9i1.y2021.p72-78.
Fadillah, R. (2021) ‘Inovasi Pengembangan UMKM Sate Ikan Mentigi Berbasis Ekonomi Kreatif (KKN Mas Di Desa Malaka Lombok Utara)’, Abdi Psikonomi, 2, pp. 124–130. Available at: https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.410.
FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.
Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.
Gustika, S. and Susena, K.C. (2022) ‘Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Sn-Emba) Ke-1 Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa’, Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen penyerapan, pp. 101–108.
Hasyim, I., Zzulfa, Z. and Lukmana, A.R. (2023) ‘Digitalisasi Ekonomi UMKM BEerbasis Kemasyarakatan’, Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2, pp. 217–224. Available at: https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.120.
Hidayah, I. et al. (2021) ‘Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan’, Solusi, 19(1), p. 76. Available at: https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001.
Irawati, R. and Prasetyo, I.B. (2021) ‘Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang)’, Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), pp. 114–133.
Putri, N.T. et al. (2023) ‘Pengembangan UMKM Melalui Program Desain Kemasan, dan Metode Pemasaran Produk Karak Kaliang Talua dan Roti Kariang dengan Pemanfaatan Sosial Media Instagram’, Warta Pengabdian Andalas, 30(4), pp. 607–615. Available at: https://doi.org/10.25077/jwa.30.4.607-615.2023.
Ramania, M.I.A. (2024) ‘Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Dan Promosi Nee Studio Pada Gen Z’, Jurnal Vicidi, 14(1). Available at: https://doi.org/10.37715/vicidi.v14i1.4598.
Sari, F.P. et al. (2023) Strategi Pengembangan & Pemasaran UMKM, Sonpedia, Publishing Indonesia.
Wildan, A. et al. (2024) ‘Penataan Ruang Terbuka dengan Plang Denah Lokasi, Ecobrik, dan Spot Foto sebagai Icon Promosi Desa Wisata Pesisir di Desa Tambakcemandi’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), pp. 23–30. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1151.
Yulianingsih (2021) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan UMKM Melalui Pendekatan Faktor Internal Dan Faktor Eksternal’, Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), pp. 98–108.
Zahara, R.L. (2024) ‘Strategi Branding Logo dan Kemasan Produk Makanan Tradisional “Enye Ibu Iya”’, Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 27(1), pp. 7–12. Available at: https://doi.org/10.24821/ars.v27i1.6757.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Community Empowerment Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.