Perluasan Pasar dan Strategi Branding sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Takoyaki

Authors

  • Nikmatul Lailiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Afifatus Sholikhah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Syarifah Nadia Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Maulida NIkmatul Azizah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Marsela Intan Nur Aini Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muhammad Jefri Aprilianto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1228

Keywords:

Digital marketing, Pengabdian masyarakat, Pengembangan bisnis, UMKM

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pelaku bisnis UMKM Takoyami dalam mengungkapkan potensi yang dimilikinya sehingga mampu menciptakan dan mengembangkan potensinya untuk usahanya yang berlokasi di Perum Permata Tanggulangin Sidoarjo. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode kualitatif yang lebih fokus pada melakukan pemahaman mendalam dengan menelaah permasalahan khusus dalam bisnis UMKM. Hasil pengabdian masyarakat yang didapat dari bisnis UMKM Takoyami ini yaitu perbaikan pada kemasan produk, label produk, dan pemasaran. Ada beberapa permasalahan yang harus dikembangkan agar UMKM bisa berkembang secara bertahap, oleh karena itu pemilik UMKM perlu dibekali dengan pengetahuan dan sosialisasi tentang digital marketing yang baik kegiatan pelayanan. Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatkan dan mengembangkan bisnis UMKM Takoyami dengan menentukan Google Maps agar konsumen dapat mengetahui keberadaan Takoyami dan bisa lebih dikenal oleh konsumen dengan jangkauan yang lebih luas.

This community service aims to help Takoyami MSME business actors express their potential so that they can create and develop their potential for their business located in Perum Permata Tanggulangin Sidoarjo. This community service uses a qualitative method that focuses more on conducting in-depth understanding by examining specific problems in the MSME business. The results of community service obtained from this Takoyami MSME business are improvements in product packaging, product labels, and marketing. Several problems must be developed so that MSMEs can develop gradually, therefore MSME owners need to be equipped with knowledge and socialization about good digital marketing service activities. The results to be achieved in this activity are to improve and develop the Takoyami MSME business by determining Google Maps so that consumers can find out the whereabouts of Takoyami and can be better known by consumers with a wider reach.

References

Arianto, B.-- (2020) ‘Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital’, Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 10(1), p. 52. Available at: https://doi.org/10.12928/optimum.v10i1.14343.

FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.

Febrianti, D. et al. (2023) ‘Rebranding UMKM Desa Watugolong: Meningkatkan Brand Awareness dari UMKM Keripik Gadung’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.735.

Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.

Putri, O.I.N. et al. (2023) ‘Simpang Education sebagai Sarana Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.746.

Ramjane, K.U. et al. (2023) ‘Peningkatan Pemahaman Tema Anggota Tubuh dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran: Studi Kasus TK Dharma Wanita Persatuan di Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.747.

Susanti, E. (2020) ‘Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor’, Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), p. 36. Available at: https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588.

Suwarni, E., Sedyastuti, K. and Mirza, A.H. (2019) ‘Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital’, Ikra-Ith Ekonomika, 2(2).

Downloads

Published

27-07-2024

How to Cite

Lailiyah, N., Sholikhah, A. ., Nadia , S. ., Azizah, M. N. ., Aini, M. I. N. ., & Aprilianto , M. J. . (2024). Perluasan Pasar dan Strategi Branding sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Takoyaki. Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), 126–132. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1228