Strategi Peningkatan Daya Saing Pukis Mart: Digital Marketing dan Redesain Kemasan
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1226Keywords:
Daya saing, Pengabdian masyarakat, Redesain kemasan, Strategi Peningkatan, UMKMAbstract
Pengabdian masyarakat ini berfokus pada pengembangan UMKM Pukis Mart di Bluru Kidul, Sidoarjo. Proses ini melibatkan survei dan wawancara langsung dengan pemilik usaha untuk mengumpulkan data dan informasi. Pengamatan dilakukan di lokasi penjualan untuk memahami faktor hambatan yang dihadapi oleh UMKM Pukis Mart, yang pada awalnya menjual produk tanpa merek. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan daya saing UMKM meliputi re-desain kemasan, varian rasa, dan pemasaran digital. Faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing mencakup jaringan usaha, inovasi produk, dan persaingan usaha. Melalui adanya redesain kemasan dan pengembangan varian rasa, diharapkan UMKM Pukis Mart dapat meningkatkan daya saing dan kekuatan produknya. Novelty pengabdian masyarakat ini terletak pada penerapan strategi pemasaran dan inovasi produk untuk meningkatkan daya saing UMKM dalam industri kuliner.
This community service focuses on developing the Pukis Mart MSMEs in Bluru Kidul, Sidoarjo. This process involves surveys and direct interviews with business owners to collect data and information. Observations were carried out at sales locations to understand the obstacles faced by Pukis Mart MSMEs, which initially sold unbranded products. Efforts made to increase the competitiveness of MSMEs include packaging redesign, flavor variants, and digital marketing. Factors that influence competitiveness include business networks, product innovation, and business competition. Through packaging redesign and the development of flavor variants, it is hoped that Pukis Mart MSMEs can increase the competitiveness and strength of their products. The novelty of this community service lies in implementing marketing strategies and product innovation to increase the competitiveness of MSMEs in the culinary industry.
References
Ainun, N., Maming, R. and Wahida, A. (2023) ‘Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Branding pada UMKM’, Jesya, 6(1), pp. 674–681. Available at: https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967.
Anggraeni, W.A. (2023) Manajemen Pemasaran.
Azzahra, S.F. et al. (2023) ‘Pengembangan UMKM Zema Moring Melalui Inovasi Produk dan Pemasaran Online’, ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 10–19. Available at: https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.6587.
Bima, M.A.R.S. et al. (2024) ‘Peranan Mahasiswa dalam Membentuk Desa Wisata Gisik Cemandi sebagai Destinasi Pariwisata di Kecamatan Sedati, Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), pp. 9–16. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1141.
Farida, N., Dewi, P. and Destriani, E. (2023) ‘Pengembangan Logo dan Citra UMKM Melalui Rebranding’, 2(2), pp. 103–108.
FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.
Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.
Naimah, R.J. et al. (2020) ‘Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM’, Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), p. 39. Available at: https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844.
Sholikhah, A., Kamila, E.R. and Muzani, A. (2024) ‘Inovasi Pembuatan dan Pengemasan Telur Asin untuk Peningkatan Keterampilan sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual di Ponpes Nurul Ikhlas’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), pp. 31–36. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1159.
Syafira, M. et al. (2024) ‘Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pesisir melalui Produk Olahan Sambal Kerang di Desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), pp. 17–22. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1147.
Wurlina, W. et al. (2022) ‘Keberlanjutan UMKM olahan hasil laut di Pesisir Bulak Surabaya guna meningkatkan daya saing di era new normal’, Buletin Pengabdian Bulletin of Community Services, 2(2), pp. 42–52. Available at: https://doi.org/10.24815/bulpengmas.v2i2.25217.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Community Empowerment Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.