Inovasi Pembuatan dan Pengemasan Telur Asin untuk Peningkatan Keterampilan sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual di Ponpes Nurul Ikhlas
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1159Keywords:
Pengabdian masyarakat, Pengemasan dan pemasaran digital, UMKMAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini diimplementasikan di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Sepande, Sidoarjo, bertujuan untuk mengembangkan empati dan kepedulian di kalangan mahasiswa. Kegiatan ini menekankan pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEKS) melalui kerja sama tim dan pendekatan interdisipliner. Selain itu, ada fokus pada pembentukan karakter melalui a) ketekunan, etika kerja, dan rasa tanggung jawab; b) kemandirian, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Desa Sepande, Sidoarjo, khususnya dalam hal pengemasan dan pemasaran. Salah satu contoh konkret adalah peningkatan kualitas pengemasan telor asin yang sebelumnya hanya menggunakan plastik kresek. Penggantian dengan plastik mika yang lebih estetik dan pembuatan logo kemasan yang unik dapat membantu produk ini menonjol di pasaran dibandingkan dengan produk pesaing. Selain itu, metode pemasaran akan ditingkatkan dengan mendaftarkan produk pada platform digital marketing, guna meningkatkan pendapatan.
This community service program is implemented at the Nurul Ikhlas Islamic Boarding School, Sepande, Sidoarjo, to develop student empathy and concern. This activity emphasizes the application of science and technology (IPTEKS) through teamwork and an interdisciplinary approach. Additionally, there is a focus on building character through a) perseverance, work ethic, and a sense of responsibility; b) independence, leadership, and entrepreneurship. This activity aims to increase innovation in Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) at the Nurul Ikhlas Islamic Boarding School, Sepande Village, Sidoarjo, especially regarding packaging and marketing. One concrete example is improving the quality of salted egg packaging, which previously only used plastic. Replacing it with more aesthetic mica plastic and creating a unique packaging logo can help this product stand out in the market compared to competing products. In addition, marketing methods will be improved by registering products on digital marketing platforms to increase revenue.
References
Budianto et al. (2023) ‘Optimalisasi Web Desa Guna Penyampaian Informasi melalui Pelatihan Desain dan Pembuatan Website di Desa Berbek’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), pp. 106–111. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.989.
FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.
Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.
Lestari, A.D. et al. (2023) ‘Pemanfaatan Lahan Kosong dan Sampah Plastik sebagai Ruang Terbuka Hijau di Desa Lebo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), pp. 95–100. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.979.
Muadin, D., Amalia, L.N. and Noormansyah, Z. (2021) ‘Faktor-Faktor Keberhasilan Berwirausahatani (Agribisnis): Sebuah Studi Literatur’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(1), p. 232. Available at: https://doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4783.
Sarja (2019) ‘Menanamkan Prinsip Jiwa Wirausaha Bagi Santri di Pondok Pesantren’, Jurnal Madaniyah, 9(2).
Satriya, B. et al. (2023) ‘Pengembangan Sistem Data Terpadu Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kelurahan Sidokare Berbasis Aplikasi Web sebagai Sarana Dokumentasi Data’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), pp. 101–105. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.984.
Susanto and Hwihanus (2022) ‘Modifikasi Pengemasan dan Pelabelan Serta Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Usaha “Telur Asin Bms”’, Prosiding Patriot Mengabdi, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Community Empowerment Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.