Penataan Ruang Terbuka dengan Plang Denah Lokasi, Ecobrik, dan Spot Foto sebagai Icon Promosi Desa Wisata Pesisir di Desa Tambakcemandi
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1151Keywords:
ABCD (Asset-Based Community Development), Pengabdian masyarakat, Pengembangan wisata bahari, Promosi wisata pesisirAbstract
Desa Tambakcemandi merupakan desa dengan kategori desa swasembada. Jenis-jenis wisata yang paling berpotensi untuk dikembangkan di desa ini adalah wisata bahari. Namun, dari tahun ke tahun, Desa Tambakcemandi masih terkendala dalam pengembangan wisata tersebut karena kurangnya keahlian masyarakat dalam melakukan branding, promosi, pemetaan potensial ekonomi dalam pengembangan wisata bahari. Melihat peluang tersebut, sivitas akademika UNUSIDA melakukan pengabdian dalam bentuk pendampingan terhadap kegiatan Pembuatan Plang Denah Lokasi, Ecobrik dan Spot Foto sebagai Icon wisata bahari di Desa Tambakcemandi. Pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan atau teori ABCD (asset-based community development) dalam upaya mengembangkan potensi desa wisata di Desa Tambakcemandi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar Desa Tambakcemandi memiliki trademarknya sendiri sehingga mudah dikenal oleh para wisatawan. Hasil dari pengabdian ini adalah dihasilkannya Plang Denah, Ecobrik, Spot Foto sebagai Icon sarana promosi wisata pesisir di Desa Tambakcemandi.
Tambakcemandi Village is a village categorized as a self-sufficient village. The type of tourism that has the most potential to be developed in this village is marine tourism. However, from year to year, Tambakcemandi Village still needs to be constrained in developing these tours due to the lack of community expertise in branding, promotion, and mapping economic potential in marine tourism development. Seeing this opportunity, the UNUSIDA academic community carried out community service by assisting in making location plan signs, Ecobrik, and photo spots as marine tourism icons in Tambakcemandi Village. This community service uses the ABCD (asset-based community development) approach or theory to develop the potential of tourism villages in Tambakcemandi Village. This community service activity aims to give Tambakcemandi Village its trademark so that tourists can easily recognize it. The results of this service are the production of plan signs, Ecobrik, and spot photos as icons for promoting coastal tourism in Tambakcemandi Village.
References
Afia, N. et al. (2023) ‘Peningkatan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Bimbingan Gratis di Desa Tulangan untuk Mencapai SDG’s Poin ke-4 Pendidikan Berkualitas’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), pp. 87–94. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.977.
Desa Tambakcemandi (2024) Laporan Desa Tambakcemandi Tahun 2024, Desa Tambakcemandi.
FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.
Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.
Firmansyah, Y.K. et al. (2022) ‘Desain Pengembangan Prasarana Guna Menunjang Digital Branding Wisata Pesisir (Studi Kasus: Desa Kalanganyar, Sidoarjo, Jawa Timur)’, Jurnal Desain, 9(2), p. 174. Available at: https://doi.org/10.30998/jd.v9i2.10231.
Mirdayanti, R. et al. (2023) ‘Pengelolaan Sampah Plastik berbasis Ecobrick sebagai Karya Pengrajin Masyarakat Desa Suka Karya Simeulue Tengah’, Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), pp. 601–607. Available at: https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.462.
Mubaroq, H. and Astutik, M.P. (2022) ‘Potensi Sumber Daya Lokal Pantai Kampung Pelangi sebagai Upaya Pengembangan Desa Wisata di Randuputih Kecamatan Dringu Probolinggo’, J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(9), pp. 2227–2234. Available at: https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i9.1264.
Ni’amillah, M. et al. (2023) ‘Pengembangan Buku Resep Olahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Kelompok PKK Desa Kalidawir Berbasis Adobe Illustrator’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), pp. 74–80. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.968.
Prasetyo, B. et al. (2022) ‘Branding dan Promosi Kawasan Wisata Pesisir Pesona Desa Gisik Cemandi’, Bakti Budaya, 5(2), pp. 146–157. Available at: https://doi.org/10.22146/bakti.3548.
Purba, J.H. et al. (2022) ‘Pembuatan Plang Denah Lokasi, Petunjuk, dan POI sebagai Icon Promosi Desa Wisata Pulau Mubut Darat’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 4(1), pp. 18–27. Available at: https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v4i1.3593.
Salahuddin, N. et al. (2015) SILE /LLD UIN Sunan Ampel. Edited by SILE /LLD UIN Sunan Ampel. Surabaya.
Shofiroh, N. et al. (2023) ‘Kegiatan Berbasis Pendidikan sebagai Upaya Khidmah Kepada Masyarakat di Desa Sumokali’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), pp. 81–86. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.976.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Community Empowerment Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.