Transformasi Digital untuk Pemberdayaan Masyarakat UMKM Penjahit
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1137Keywords:
Digitalisasi UMKM, Pelatihan pemasaran digital, Pemberdayaan penjahit, Pengabdian masyarakatAbstract
Kemajuan era digital saat ini sangat pesat dalam semua sektor, terlebih dari sektor industri. Persaingan digital dimasa sekarang saat tumpang tindih antar satu UMKM dengan yang lainnya, dikarenakan pemerataan pengetahuan tentang digitalisasi dalam sektor ini belum merata, tidak semua pelaku usaha memahami tentang digitalisasi untuk usaha mereka. Salah satu nya usaha penjahit pakaian “An-Nur” yang dimiliki oleh Ibu Ida yang berada di desa punggul, Kecamatan Gedangan yang telah didirikan sejak tahun 2013. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk membantu UMKM An-Nur bisa bersaiang dengan UMKM lain nya yang telah lebih dahulu memanfaatkan kemajuan digital. Pada pengabdian masyarakat ini metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pelatihan terhadap penggunaan digital untuk melakukan pemasaran produk yang akan dijual.
The progress of the digital era is currently very rapid in all sectors, especially in the industrial sector. Digital competition today overlaps between one MSME and another, because the distribution of knowledge about digitalization in this sector is not yet evenly distributed, not all business actors understand digitalization for their business. One of them is the clothing tailoring business "An-Nur" owned by Mrs. Ida in Punggul Village, Gedangan District which has been established since 2013. The purpose of this community service is to help MSME An-Nur compete with other MSMEs that have already utilized digital advances. In this community service, the methods used are observation, interviews, and training on the use of digital to market products to be sold.
References
Anugrah, M.R. et al. (2023) ‘Pengabdian Masyarakat Penyaringan Air Menggunakan Alat Sederhana untuk Meningkatkan Kejernihan Air di Desa Kedungpeluk Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.754.
Chodija, M. et al. (2023) ‘Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Peningkatan Kewirausahaan Santriwati Melalui Kegiatan Bazar Berkah’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.753.
FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.
Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.
Keles, B., McCrae, N. and Grealish, A. (2020) ‘A Systematic Review: The Influence of Social Media on Depression, Anxiety and Psychological Distress in Adolescents’, International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), pp. 79–93. Available at: https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1590851.
Marlina, L., Nurfadilah, S. and Ulinuha, B.R. (2023) ‘Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Proses Bisnis UMKM Makanan Tradisional Tiga Putra Tasikmalaya’, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen (Eko-Bisma), 2(2), pp. 222–231. Available at: https://doi.org/10.58268/eb.v2i2.76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Community Empowerment Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.