Peran Mahasiswa sebagai Tenaga Pengajar untuk Meningkatkan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1016Keywords:
Pengabdian masyarakat, Pengajar, Pendidikan, PotensiAbstract
Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi dan mencerdaskan individu memerlukan tenaga pengajar untuk pendidikan formal maupun non-formal. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu dalam meningkatkan pendidikan anak-anak desa. Antusias dan semangat belajar anak-anak desa Tambakcemandi sangat tinggi namun tenaga pengajar yang ada di desa sangat terbatas sehingga menjadi kendala bagi anak-anak tersebut untuk meraih pendidikan. Metode yang digunakan yaitu Asset-based community development. Pengabdian masyarakat ini juga melakukan observasi lapangan untuk melihat potensi dan permasalahan yang ada di desa Tambakcemandi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat memberikan gambaran mengenai semangat dan antusias yang diberikan anak-anak serta masyarakat mengenai peran mahasiswa sebagai tenaga pengajar dalam membantu pendidikan di desa Tambakcemandi melalui kegiatan pendidikan formal dan non-formal.
Education aims to develop potential and make individuals smarter, requiring teaching staff for both formal and non-formal education. The purpose of this community service is to help improve the education of village children. The enthusiasm and passion for learning of the children of Tambakcemandi village is very high, but the teaching staff in the village is very limited, making it an obstacle for these children to gain an education. The method used is Asset-based community development. This community service also conducted field observations to see the potential and problems in Tambakcemandi village. The results of community service activities provide an overview of the enthusiasm and passion shown by children and the community regarding the role of students as teachers in helping education in Tambakcemandi village through formal and non-formal education activities.
References
Adawiyah, A. (2019) ‘Impikasi Pendidikan Non Formal pada Remaja’, Jurnal Equilibrium, 2(2), pp. 1–8.
Dewi, T. anggia (2015) ‘Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang’, PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). Available at: https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148.
Elizagoyen, V. and Pons, J. (2008) ‘Peran Mahasiswa di Masyarakat’, ADLFI. Archéologie de la France - Informations, 1(1), pp. 32–43. Available at: https://doi.org/10.4000/adlfi.2398.
FD, S.A., Muslimatun, S. and Damayanti G, M. (2019) ‘Student-Led Community Service Activities in Indonesia International Institute for Life Sciences (I3l) for Building Collaborative Work And Social Awareness’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, pp. 897–901. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.432.
Firdaus, M. et al. (2022) Ragam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, OSF Preprints. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/fkhry.
Salahuddin, N. (2015) Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya Asset Based Community-Driven Development (ABCD). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Syardiansah, S. (2019) ‘Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa’, JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), pp. 57–68. Available at: https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915.
Syaria, S. et al. (2023) ‘Pelestarian Lingkungan dengan Pembuatan Tempat Sampah dari Bahan Daur Ulang di Desa Sadang’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.748.
W, D.R. et al. (2023) ‘Pemberian Makanan Tambahan Modifikasi Berbasis Kearifan Lokal pada Balita Stunting dan Gizi Kurang Bersama Anak PAUD Tunas Pelangi di Balai Desa Bluru Kidul’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.749.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Community Empowerment Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.