Meningkatkan Efektivitas Penjualan Baju Melalui Sistem Informasi Berbasis Metode Agile
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncdr.v2i1.1233Keywords:
Aksesibilitas dan jangkauan, Efisiensi biaya, Sistem Informasi, PenjualanAbstract
Penjualan melalui toko dan stand di bazar seringkali menimbulkan biaya penjualan yang tinggi. Pada zaman sekarang yang serba teknologi ini, tagihan biaya tersebut dapat ditekan dan diminimalkan dengan menggunakan teknologi sistem informasi penjualan. Toko Ruang Ciwi, yang sebelumnya mengalami biaya penjualan tinggi tanpa teknologi, memerlukan sistem informasi penjualan untuk mengurangi biaya dan menjangkau lebih banyak pembeli. Tujuan melakukan penelitian ini adalah membuat sebuah sistem informasi penjualan yang dapat menekan biaya penjualan serta menjangkau lebih banyak pembeli di Toko Ruang Ciwi. Sistem informasi penjualan tersebut juga dapat membantu pembeli saat akan melakukan transaksi. Selain itu pembeli juga dapat melakukan retur barang melalui sistem tersebut. Sistem informasi penjualan ini dibuat menggunakan PHP Framework CodeIgniter sebagai bahasa pemrograman utamanya dan menggunakan MySQL sebagai basis datanya yang dijalankan melalui server pada layanan hosting. Melalui adanya sistem informasi penjualan tersebut diharapkan mampu menekan biaya penjualan, menjangkau lebih banyak pembeli, dapat diakses kapanpun dan dimanapun sehingga dapat meningkatkan penghasilan toko Ruang Ciwi.
Sales through shops and stands at bazaars often result in high sales costs. Currently of technology, billing costs can be reduced and minimized by using sales information system technology. Ruang Ciwi Store, which previously experienced high sales costs without technology, needed a sales information system to reduce costs and reach more buyers. This research aims to create a sales information system that can reduce sales costs and reach more buyers at the Ruang Ciwi Store. This sales information system can also help buyers when making transactions. Apart from that, buyers can also return goods through this system. This sales information system was created using the PHP Framework CodeIgniter as the primary programming language and MySQL as the database, run via a server on the hosting service. This sales information system is hoped to reduce sales costs, reach more buyers, and can be accessed anytime and anywhere to increase the income of Ruang Ciwi stores.
References
Abdullah, T. and Tantri, F. (2018) Manajemen Pemasaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Carera, W.B., Gunawan, D.S. and Fauzi, P. (2022) ‘Analisis Perbedaan Omset Penjualan UMKM Sebelum dan Sesudah Menggunakan Qris di Purwokerto’, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, 24(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.32424/jeba.v24i2.3014.
Febriana, H. et al. (2023) ‘Peluang Bisnis Digital di Indonesia Pada Era Society 5.0’, Jurnalku, 3(3), pp. 365–374. Available at: https://doi.org/10.54957/jurnalku.v3i3.595.
Kalleya, C. et al. (2023) ‘Agricultural Marketing Research: A Retrospective of Domain and Knowledge Structure’, E3S Web of Conferences. Edited by T.N. Mursitama et al., 426, p. 01071. Available at: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342601071.
Mu’minin, A., Editya, A.S. and Lisdiyanto, A. (2023) ‘Pengembangan WhatsApp Gateway Berbasis Web Sebagai Media Informasi Pembayaran SPP Di SMK Persatuan 1 Tulangan’, SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 3(1).
Nugroho, R.A. et al. (2021) ‘Case Study of Enterprise Resource Planning System Implementation in Small Medium Business’, in Proceedings of the International Conference on Industrial & Mechanical Engineering and Operations Management. Dhaka, Bangladesh: IEOM Society International.
Permana, A.V. et al. (2023) ‘The Utilization of Mobile Communication on Marketing: A Systematic Review’, Procedia Computer Science, 227, pp. 101–109. Available at: https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.10.507.
Pramono, A., Purnomo, A. and Putra, W.W. (2024) ‘Flat-Pack Pendant Lamp Design of Smart Bulb in the Meeting Room: Harmony of Tropical Office’, in AIP Conference Proceedings, p. 060033. Available at: https://doi.org/10.1063/5.0192168.
Purnomo, A. et al. (2024) ‘Competitive Strategy and E-Business: A Review’, in, p. 050007. Available at: https://doi.org/10.1063/5.0192361.
Putri, B.R.T. (2017) Manajemen Pemasaran Produk Peternakan. Denpasar: Swasta Nulus.
Putri, S.F. and Siptiana, D. (2019) ‘Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Gaji dan Upah Pada PT. Berdikari Metal Engineering’, Jurnal TEDC, 13(2).
Robbuhu, A.K.I. and Editya, A.S. (2023) ‘Game Edukasi Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD)’, Nusantara Computer and Design Review, 1(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1055.
Rohman, A.A., Nugroho, R.A. and Mufliq, A. (2023) ‘Sistem Informasi Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Menggunakan Metode Agile’, Nusantara Computer and Design Review, 1(1), pp. 9–16. Available at: https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1072.
Sanjaya, A.N. et al. (2023) ‘A Systematic Review of Marketing in Smart City’, in Innovative Technologies in Intelligent Systems and Industrial Applications, pp. 819–828. Available at: https://doi.org/10.1007/978-3-031-29078-7_71.
Utami, A.D.W. and Arif, S. (2021) ‘Penguatan Online Engagement dengan Konten Digital Produk Melalui Workshop Foto Produk dan Media Promosi Digital pada Kelompok UMKM Wonoayu Sidoarjo’, IKRAITH-ABDIMAS, 4(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Computer and Design Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.