Optimalisasi Layanan Masyarakat Melalui Implementasi Sistem Informasi Berbasis Metode Agile

Authors

  • Dwi Ayu Rachmawati Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Arief Saputro Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Rizky Aditya Nugroho Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Achmad Mufliq Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ncdr.v2i1.1224

Keywords:

Agile development, Layanan desa, Pengelolaan kependudukan, Sistem Informasi

Abstract

Pelayanan merupakan suatu kegiatan utama yang dilakukan oleh kantor desa Ngerong secara berkesinambungan. Dimana sistem yang berjalan sering menemukan permasalahan dalam memberikan pelayanan. Pengelolaan kependudukan yang baik sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Ketepatan, keakuratan dan kecepatan penyajian data dan informasi merupakan salah satu faktor penting dalam mengelola pelayanan yang baik. Oleh karena itu, dibutuhkan perangkat lunak yang mampu menangani pengelolaan pelayanan secara baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan sistem model agile development dengan proses perencanaan, implementasi, tes perangkat lunak, dokumentasi. Sistem ini berjalan pada website sehingga dapat diakses oleh desa, dan penduduk masyarakat desa Ngerong. Sistem ini dibangun menggunakan PHP sebagai Bahasa pemrograman web yang dihubungkan dengan MySQL sebagai media penyimpanan data. Sehingga adanya sistem informasi layanan desa ini dapat meminimalisir kesalahan dan mendapatkan kemudahan.

Service is a main activity carried out by the Ngerong village office on an ongoing basis. Where the running system often encounters problems in providing services. Good population management is needed to provide services to the community and produce better performance. Accuracy, accuracy, and speed in presenting data and information are important factors in managing a good service. Therefore, software is needed that can handle service management well. This research used the agile development model system development method with planning, implementation, software testing, and documentation. This system runs on a website so that the village and residents of the Ngerong village community can access it. This system was built using PHP as a web programming language connected to MySQL as a data storage medium so that the existence of this village service information system can minimize errors and provide convenience.

References

Achmad, D., Mu’min, S. and Saputro, A. (2023) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)’, Nusantara Computer and Design Review, 1(1), pp. 24–30. Available at: https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1077.

Anam, F. et al. (2021) ‘Open Access Publication Status of Educational Technology with The Bibliometrics Approach’, Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 20(3), pp. 501–509.

Editya, A.S. et al. (2022) ‘Optimalization Jaro Winkler Algorithm Using Fuzzy Logic to Evaluate Essay Questions in E-Learning System Based Microserver’, in 2022 Fifth International Conference on Vocational Education and Electrical Engineering (ICVEE). IEEE, pp. 201–205. Available at: https://doi.org/10.1109/ICVEE57061.2022.9930450.

Heriyanto, H. (2022) ‘Urgensi Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik’, Musamus Journal of Public Administration, 4(2), pp. 066–075. Available at: https://doi.org/10.35724/mjpa.v4i2.4128.

Heryanto, Y. (2021) ‘Kepemimpinan Kepala Desa dalam Menjalankan Fungsi Administratif Pemerintahan Desa’, Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(9).

Khasanah, U., Saputro, A. and Mu’min, S. (2022) ‘Sistem Informasi Layanan Jasa CCTV dan AC di CV Adhi Nawa Jaya Menggunakan Metode Waterfall’, in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan. Surabaya.

Meiryani, M. et al. (2022) ‘Analysis of Information Technology Audit Implementation in E-Commerce Services’, in Proceedings of the 2022 4th International Conference on E-Business and E-Commerce Engineering. New York, NY, USA: ACM, pp. 18–23. Available at: https://doi.org/10.1145/3589860.3589863.

Melinda, A. and Saragih, N.M. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT. Sumber Jadi Kencana Motor’, Jurnal Bintang Manajemen, 1(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1113.

Powa, A.A., Kaawoan, J.E. and Pangemanan, F.N. (2021) ‘Pemanfaatan Teknologi dan Informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik dan Persandian di Kabupaten Minahasa Tenggara’, Jurnal Governance, 1(2).

Pramono, A. et al. (2022) ‘Smart Mobile Phone Charging Stations for Public Service as Smart Cities Component’, in 2022 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech). IEEE, pp. 257–261. Available at: https://doi.org/10.1109/ICIMTech55957.2022.9915167.

Purnomo, A. et al. (2021) ‘Sustainable Development Goals in ASEAN: A Publication Mapping through Scientometric Perspective’, in Proceedings of the International Conference on Industrial & Mechanical Engineering and Operations Management. Dhaka, Bangladesh: IEOM Society International.

Rauf, A. and Andriyani, D. (2023) ‘Analisis Implementasi Good Governance terhadap Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang’, Jurnal Studi Pemerintahan dan Akuntabilitas, 2(2), pp. 99–108. Available at: https://doi.org/10.35912/jastaka.v2i2.1850.

Riani, N.K. (2021) ‘Strategi Peningkatan Pelayanan Publik’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.489.

Rohman, A.A., Nugroho, R.A. and Mufliq, A. (2023) ‘Sistem Informasi Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Menggunakan Metode Agile’, Nusantara Computer and Design Review, 1(1), pp. 9–16. Available at: https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1072.

Sholihah, N.N., Zubaidi, A. and Diri, I. (2020) ‘Sistem Informasi Pengelolaan Data Penduduk Kantor Kelurahan Karang Baru Kota Mataram Berbasis Website’, Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 1(1). Available at: https://doi.org/10.29303/jbegati.v1i1.286.

Urahmah, N. and Andri, A. (2023) ‘Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor di Unit Kerja Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin di Kabupaten Balangan’, SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), pp. 3233–3241. Available at: https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1391.

Wiji Utami, A.D. et al. (2022) ‘Augmented Reality Assisted Healthy Drinking Water Products Promotion and Literacy: A Development and Evaluation’, in 2022 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Information System (ICIMCIS). IEEE, pp. 557–562. Available at: https://doi.org/10.1109/ICIMCIS56303.2022.10017479.

Yadiati, W. et al. (2024) ‘Evaluation of The Implementation of An Accounting Information System for Sales, Cash Receiving, and Payroll on an Internal Control System’, Corporate Law and Governance Review, 6(1), pp. 27–37. Available at: https://doi.org/10.22495/clgrv6i1p3.

Downloads

Published

22-04-2024

How to Cite

Rachmawati, D. A., Saputro, A. ., Nugroho, R. A. ., & Mufliq, A. . (2024). Optimalisasi Layanan Masyarakat Melalui Implementasi Sistem Informasi Berbasis Metode Agile. Nusantara Computer and Design Review, 2(1), 15–23. https://doi.org/10.55732/ncdr.v2i1.1224