Sistem Informasi Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Menggunakan Metode Agile
DOI:
https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1072Keywords:
Metode agile, Sistem informasi, Sistem manajemenAbstract
Sistem Informasi Manajemen sangat penting pada Taman Pendidikan Al-Qur'an karena membantu mengelola efisien data santri, memantau kinerja pengajar, dan merencanakan kegiatan pembelajaran, yang secara keseluruhan mendukung penyelenggaraan pendidikan Al-Qur'an yang terstruktur dan efektif. Pada saat pendaftaran dibuka, instansi pendidikan mengalami lonjakan pendaftar, mengakibatkan keterbatasan sumber daya dan kesulitan dalam proses pelayanan pendaftaran. Jumlah pendaftar yang banyak dan petugas pendaftaran yang terbatas menjadi hambatan dalam melakukan pendataan calon santri baru. Guna menyelesaikan masalah tersebut, maka penelitian ini berfokus pada “Sistem Informasi Pendaftaran Santri Baru“. Sistem tersebut merupakan sistem informasi pendaftaran santri berbasis web sebagai media untuk memudahkan para calon santri untuk mendaftar di lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang diinginkan serta memudahkan para lembaga TPA untuk menggunakan sistem pendaftaran berbasis web. Pada pengembangan sistem informasi electronic office ini menggunakan metode Agile. Metode Agile adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak. Juga sering disebut sebagai Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak (SDLC). Metode ini sering digunakan oleh startup dan perusahaan besar dalam proses pengembangan perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem informasi manajemen berbasis web yang dapat mempermudah taman pendidikan Al-Qur’an dalam pengolahan data.
The Management Information System is essential in the Al-Qur'an Education Park because it helps efficiently manage student data, monitor teacher performance, and plan learning activities, supporting the implementation of structured and effective Al-Qur'an education. When registration opened, educational institutions experienced a surge in registrants, resulting in limited resources and difficulties in the registration service process. The large number of registrants and limited registration officers are obstacles to collecting data on prospective new students. To solve this problem, this research focuses on the "New Santri Registration Information System." This system is a web-based student registration information system, a medium to make it easier for prospective students to register at the desired Al-Qur'an Education Park (TPA) institution, and it makes it easier for TPA institutions to use the web-based registration system. The development of this electronic office information system uses the Agile method. The Agile method is a software development method. It is also often called the Software Development Life Cycle (SDLC). Startups and large companies often use this method in software development. The results of this research are a web-based management information system application that can make data processing easier for Al-Qur'an education parks.
References
Aditiyawarman, D. (2021). Sistem Informasi Sistem Informasi Pengelolaan Data Madrasah (Sipedamas) Pada Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur`An Karawang. Techno Xplore: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 36–43. https://doi.org/10.36805/technoxplore.v6i1.644
Asio, J. M. R., Leva, E. F., Lucero, L. C., & Cabrera, W. C. (2022). Education Management Information System (EMIS) and Its Implications to Educational Policy: A Mini-Review. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 3(8), 1389–1398. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.08.01
Enteria, O. C., & Role, M. S. (2018). Education Management and Information System (EMIS) for Public Elementary Schools. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), 6(06). https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i6.el012
Guchi, G. A., & Sunarti, V. (2021). Relationship Between Parenting Style and Establishment of Religious Characters at Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Alfurqon Desa Sikuliek Kecataman Koto Tangah Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(2), 195. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i2.112400
Halim, A., Zamroni, A., Ahdi, W., & Shobirin, M. S. (2022). Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Roudlotul Tholabah Dusun Jemparing Desa Pakel. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 50–54. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i1.2556
Hasbi, M. (2015). Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada SMK Negeri 2 Simbang Maros. Jurnal Nalar Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jnp.v3i1.1987
Meliana, Julianto, V., & Anwar Hafizd, K. (2020). Sistem Informasi Manajemen Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus: Taman Kanak-Kanak (TK) Mekar Sari Desa Ambawang). Aisyah Journal of Informatics and Electrical Engineering (A.J.I.E.E), 2(2), 145–151. https://doi.org/10.30604/jti.v2i2.39
Muhammad Ilham, & Yuniarti, Y. (2022). Implementation of Management Information Systems to Enhance Educational Quality. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 6(1), 15–26. https://doi.org/10.47766/idarah.v6i1.177
Nugroho, A. F. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Berbasis Web untuk Poliklinik di Taman Buah Mekarsari. Institut Pertanian Bogor.
Purnomo, A., Firdaus, M., Asitah, N., Madjatmadja, E. D., Karmagatri, M., & Azzahri, E. F. (2023). The Research Journey Retrospective on Management Information Systems in Indonesia. 2023 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 453–458. https://doi.org/10.1109/ICIMTech59029.2023.10277992
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nusantara Computer and Design Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.