UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGAJAR DAN KETRAMPILAN GURU MENGGUNAKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DENGAN MEDIA EVALUASI BERBANTUAN ANDROID MELALUI IHT DI SD NEGERI 2 LETEH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
media evaluasi, motivasi belajar mengajar, penilaian daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar mengajar dalam memahami konsep media evaluasi berbantuan android pada guru SD Negeri 2 Leteh, dan 2) meningkatkan keterampilan guru menggunakan penilaian pembelajaran berbasis daring pada guru SD Negeri 2 Leteh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Penelitian tindakan ini terbagi menjadi tiga siklus yang masing-masing dua kali pertemuan, dengan prosedur 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (action), 3) observasi (observation), dan 4) refleksi(reflektion) dalam setiap siklusnya. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Leteh tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian selama dua bulan yaitu pada bulan Maret dan April 2020. Subjek penelitian adalah 16 orang guru yang terdiri dari : Guru Kelas sebanyak 13 orang, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 orang, dan Guru Mata Pelajaran Pejasorkes sebanyak 1 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, analisis dokumen, dan angket. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara trianggulasi, yaitu dengan menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut. 1) Media evaluasi dengan berbantuan android semakin meningkatkan motivasi belajar mengajar bagi guru. Pada awal IHT motivasi belajar mengajar dengan media evaluasi berbantuan android baru mencapai 18,8%, siklus I motivasi belajar mengajar dengan media evaluasi berbantuan android mencapai 68,8%, pada siklus II sudah meningkat mencapai 87,5%. 2) Media evaluasi berbantuan android dapat meningkatkan ketrampilan guru menggunakan penilaian pembelajaran berbasis daring. Pada kegiatan pratindakan guru yang mengalami ketuntasan belajar 3 orang guru (18,8%), Siklus I meningkat menjadi 11 orang guru (68,8%), Siklus II 13 orang guru (87,5%). Adapun nilai rerata ketrampilan guru menggunakan penilaian pembelajaran berbasis daring pada kegiatan pratindakan adalah 59,4, pada Siklus I adalah 73,0, Siklus II adalah 82,0.