KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MTS DITINJAU DARI PERBEDAAN GAYA KOGNITIF

Authors

  • Umi Hanifah Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.55732/jls.v2i1.258

Keywords:

kemampuan spasial, gaya kognitif, visualisasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa ditinjau dari perbedaan
gaya kognitif. Kemampuan spasial dalam penelitian mencangkup 5 komponan, yaitu persepsi
spasial, visualisasi spasial, rotasi mental, relasi spasial, dan orientasi spasial. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dimulai dengan
menentukan subjek penelitian. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan instrumen
GEFT dan TKM, dan dilanjutkan dengan pemberian tes kemampuan spasial dan wawancara.
Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data dalam penelitian ini,
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan kemampuan spasial kedua subjek yaitu pada komponen visualisasi
spasial, rotasi mental, dan relasi spasial. Perbedaan kemampuan spasial ditemukan yaitu pada
metode atau cara yang digunakan setiap subjek untuk menyelesaikan soal setiap komponen.

 

Downloads

Published

2019-02-28