IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VA SDN BORO TANGGULANGIN SIDOARJO

Fauziatur Rohmah, Arie Widya Murni

Abstract


Penelitian ini bermula pada rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VA SDN Boro Tanggulangin Sidoarjo. Masalah tersebut diatasi dengan penerapan model RME yang telah banyak dipraktikkan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktifitas guru, aktifitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan model RME dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VA SDN Boro Tanggulangin yang berjumlah 22 peserta didik. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model RME dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktifitas guru yakni pada siklus I mencapai 66,25 dan siklus II mencapai 90,625. Pada aktivitas peserta didik juga ada peningkatan dari siklus I mencapai 65 kemudian pada siklus II mencapai 88,75. Sedangkan pada hasil belajar peserta didik, nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 70,95 serta persentase ketuntasan klasikal mencapai 59,9% kemudian meningkat pada siklus II yaitu rata-rata kelas mencapai 82,72 serta persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,36%.

Keywords:  Model Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Karso, dkk. 2014. Pendidikan Matematika 1. Tangerang: Universitas Terbuka.

Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Runtukahu, Tombokan dan Kandou, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Setianingsih, Sri Esti. 2014. Game Tebak Gambar Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Menggunakan Micromedia Flash 8. Jurnal Ilmiah. Diakses pada tanggal 01 Nopember 2019, dari laman http://www.slideshare.net.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Wardhani dan Wihardit. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendekatan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.