PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART CARD

Dian Apriliyah Andari, Arie Widya Murni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perkalian dan pembagian pecahan mata pelajaran matematika. Hal ini dilakukan karena hasil belajar peserta didik yang rendah pada materi perkalian dan pembagian pecahan mata pelajaran matematika dan masih banyak yang bergantung kepada guru. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SDN Boro yang berjumlah 21 orang. Lokasi penelitian ini adalah SDN Boro Tanggulangin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan selama dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta lembar tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, bahwa media pembelajaran Smart Card dapat dikatakan efektif, hal tersebut dapat dilihat pada hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan media pembelajaran smartcard menunjukkan hasil yang meningkat. Ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan 76,19% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan 95,23%  dengan kategori sangat tinggi.

Keywords


Media pembelajaran Smart Card, hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta:Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Astutik, Fitri. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas III SDN Cangkring II Sidoarjo.Skripsi.Surabaya:FIP UNESA.

Karso,dkk. 2014. Pendidikan Matematika I. Banten: Universitas Terbuka.

Musfiroh, Tadkiroatun & Tatminingsih, Sri. 2015. Bermain Dan Permainan Anak.Tangerang Selatan:Universitas Terbuka

Runtukahu, Tombokan. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Rokhimawan, Agung dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Tenaga Pendidik Professional. Yogyakarta:Insane Madani

Sari, Ria Novita. 2018. Efektifitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (KAPIJA) Dalam Penerapan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV SDN Babatan 1 Surabaya.Skripsi.Surabaya:FIP UNESA

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Rajagrafindo Persada

Sudjana dan Rivai. 2010. Media Pengajaran (Penggunaan Dan Pembuatan). Bandung:Sinar Baru Algensindo Offset

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar. Bandung:Rosda Karya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Taufiq, Agus. (2014). Pendidikan Anak Di SD. jurnal ilmiah. Diakses pada tanggal 15 februari, 2019, dari laman http:// repository.Ut.Ac.Id.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Bumi Aksara

Widodo, Slamet. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Untuk Meniingkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Sosial Pada Siswa Kelas VA SDN Jeruk 2 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.