PENGARUH KOMPETENSI DAN PENGUASAAN KELAS GURU TERHADAP MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA Agus Supandi 1 , Aster Pujaning Ati 2 ,

Agus Supandi, Aster Pujaning Ati

Abstract


 

The purpose of this study was to determine the effect of competence on entrepreneurial interest, the effect of class mastery on entrepreneurial interest, and the effect of competence and class mastery on entrepreneurial interest. This study used a quantitative descriptive method with explanatory survey methods. This quantitative method is used by researchers who generally want to know the facts in the field. The method used is a survey method. The sample used was 10th grade SMK students, as many as 40 students. Research results Teacher competence significantly influences entrepreneurial interest. Class mastery does not significantly influence entrepreneurial interests. Class competence and mastery affect entrepreneurial interests.

Keywords: Teacher competence, mastery of kels, entrepreneurial interest    

 

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini umtuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap minat kewirausahaan, pengaruh penguasaan kelas terhadap minat kewirausahaan, dan pengaruh kompetensi dan penguasaan kelas terhadap minat kewirusahaan.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode survey eksplanatory. Metode kuantitatif ini  dipergunakan oleh para peneliti yang umumnya ingin mengetahui fakta yang ada di lapangan.  Metode yang digunakan adalah metode survey. Adapun sample yang digunakan adalah siswa SMK kelas 10 ,sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian Kompetensi guru berpengaruh secara signifikan terhadap minat kewirausahaan. Penguaasaan kelas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat kewrausahaanKompetensi dan penguasaan kelas berpengaruh terhadap minat kewirausahaan.

Kata Kunci : Kompetensi guru, penguasaan kels , minat kewirausahaan

 


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan

Untuk Mahasiswa dan Umum.Cetakan 12. Bandung: Alfabeta

Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S.

(2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 66-81.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara

Sutarno, M. H., Rohendi, M. D., & Putri,

G. G. (2011). Pengaruh kompetensi guru mata pelajaran TIK terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 134-141

Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019,

March). The Effectiveness of Cooperative Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis

Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Vernia, D. M. (2019). PERANAN

Lingkungan Sosial Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Smk Cahaya Prima Jakarta. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 30-36.

Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S.

(2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 66-81.

Latief, H. A. (2016). Penelitian Tindakan

Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2).

Purwanto. 2008. Penerapan Metode

Partisipatori. https://purwanto65.wordpress.com/2008/07/21/penerapan-metode-partisipatori/. 31 Maret 2015. Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.