EFEKTIVITAS METODE PARTISIPATORI UNTUK MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA

Lengsi Manurung, Siti Alifah, Puspita Indah Hardiyanti

Abstract


The purpose of this study is to measure the effectiveness of participatory learning in entrepreneurship learning in junior high school students. The method used is a class research method. The sample used was 7th grade junior high school students, as many as 30 students. Theory and practice test carried out 2 times. The implementation of this research was carried out in 2 cycles. In the first cycle, students were seen to understand learning. In the second cycle students can understand and get a value increase of 5% and 10%. . The conclusion of this study, is that participatory learning can increase student entrepreneurial interest, students are more understanding and understanding, if learning is carried out with direct theory and practice. Students can collaborate with other students, can see the weaknesses and strengths of each - each. Student excellence can be applied to other students.

Keywords: Effectiveness, participatory, entrepreneurial interest   

 

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini umtuk mengukur efektivitas pembelajarn partisipatori ,pad pembelajaran kewirausahaan siswa SMP. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas. Adapun sample yang digunakan adalah siswa SMP kelas 7 ,sebanuak 30 siswa. Uji teori dan praktek dilaksanakan sebanyak 2  kali.  Pelaksanaan penelitian ini diadakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada siklus pertama , terlihat siswa mulai memahami pembelajaran. Pada siklus kedua siswa dapat memahami dan mendapatkan  kenaikan nilai sebanyak 5 % dan 10 %. . Kesimpulan pada penelitian ini, adalah, pembelajaran partisipatori dapat meningkatkan minat kewirausahaan siswa, siswa lebih memahai dan mengerti ,jika pembelajaran dilaksanakan dengan teori dan praktek langsung. Siswa dapat berkolaborasi denan siswa lain, dapat melihat kelemahan dan keunggulan masing – masing. Keunggulan siswa  dapat diterapkan pada siswa yang  lain.

Kata Kunci : Efektivitas, partisipatori, Minat kewirausahaan


Full Text:

PDF

References


Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S.

(2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 66-81.

Latief, H. A. (2016). Penelitian Tindakan

Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2).

Purwanto. 2008. Penerapan Metode

Partisipatori. https://purwanto65.wordpress.com/2008/07/21/penerapan-metode-partisipatori/. 31 Maret 2015. Yogyakarta.

Suyana, N., Ati, A. P., & Widiyarto, S.

(2019). Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 80-86.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wardani, I. G. A. K. (2014). Penelitian

tindakan kelas Mulyasa, E. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suyana, N., Ati, A. P., & Widiyarto, S.

(2019). Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 80-86.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan

Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.Kusuma


Refbacks

  • There are currently no refbacks.