PENGARUH KARAKTERISTIK PERSONAL DAN FAKTOR SITUASIONAL DALAM PENERIMAAN PERILAKU DISFUNGSIONAL TERHADAP KUALITAS AUDIT

Ready Wicaksono, Mispiyanti Mispiyanti

Abstract


This study aims to determine the effect of personal characteristics and situational factors in accepting dysfunctional behavior on audit quality. The population is all individuals who are public auditors in the Special Province of Yogyakarta and Central Java and the study sample is 300 respondents. The sampling technique uses the random sampling method. Data analysis used The Structural Equation Modeling (SEM) of the AMOS statistical software package in the model and hypothesis assessment. The results of this study prove that the locus of control has a positive effect and the desire to stop working has a positive effect on dysfunctional behavior, performance harms dysfunctional behavior. Leadership style negatively affects dysfunctional behavior. Locus of control has a positive effect on audit quality, the desire to stop working has no significant effect on audit quality, performance has a significant positive effect on audit quality, leadership style does not significantly influence audit quality and dysfunctional behavior has a significant negative effect on audit quality.

Full Text:

PDF

References


Ardini, L., 2010. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit. J. Ekon. dan Bisnis Airlangga 20, 329–349.

Chan, A.S., 2012. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi. J. Ilm. Mhs. Akunt. 1, 53–58.

Devi, L.M.S., Suaryana, I.G.N.A., 2016. Time Budget Pressure Memoderasi Pengaruh Karakteristik Personal Auditor Terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Audit 15, 1994–2023.

Fatimah, A., 2012. Karakteristik Personal Auditor Sebagai Anteseden Perilaku Disfungsional Auditor Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Hasil Audit. J. Manaj. dan Akunt. 1, 1–12.

Hadi, S., Nirwanasari, M., 2014. Pengaruh Karakteristik Personal dan Faktor Situasional Dalam Penerimaan Perlakuan Disfungsional. Ekbisi IX, 15–24.

Hartati, N.L., 2012. Pengaruh Karakteristik Internal Dan Eksternal Auditor Terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Atas Prosedur Audit. Account. Anal. J. 1, 1–8.

Istiqomah, S.F.P.., Y, R.H., 2017. Studi Empiris Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Disfungsional Audit. J. Akunt. 21, 184.

Kharismatuti, N., Hadiprajitno, B., 2012. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Internal Auditor BPKP DKI Jakarta). Diponegoro J. Account. 1, 1–10.

Paino, H., Thani, A., Syid, S.I.Z., 2011. Attitudes Toward Dysfunctional Audit Behavior: The Effect Of Budget Emphasis, Leadership Behavior, And Effectiveness Of Audit Review. J. Mod. Account. Audit. 7, 1344.

Pramesti, D., Rasmini, N.K., 2016. Pengaruh Locus Of Control, Integritas, Due Profesional Care Dan Keahlian Audit Pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akunt. 17, 968–995.

Pratama, A.W., 2016. Karakteristik Personal, Perilaku Disfungsional Audit Dan Dampaknya Pada Kualitas Audit. J. Ris. Akunt. Perpajak. 3, 176–184.

Purwaningsih, P.A.V., Suputra, I.D.G.D., 2018. Pengaruh Profesionalisme Dan Perilaku Disfungsional Auditor Pada Kualitas Audit Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akunt. Univesitas Udayanadayana 24, 224–252.

Saputra, P.I.P., Sujana, E., Werastuti, D.N.S., 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Provinsi Bali). J. Ilm. Mhs. Akutansi Undiksha 3.

Sayidah, N., 2015. Pengaruh Time Budget Pressure, Locus Of Control Terhadap Perilaku Disfungsional Auditor Dan Dampaknya Terhadap Kualitas (Penelitian Pada Auditor Senior Di Empat Kantor Akuntan Publik Besar Indonesia ). J. Indones. Membangun 14, 99–122.

Sudjono, 2011. Pengaruh Kinerja Auditor Dan Tingkat Pelatihan Auditor Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. J. Akunt. Bisnis Vol.4 4, 75–100.

Suindari, N.M., Suardikha, I.M.S., Ratnadi, N.M.D., 2017. Pengaruh Kualitas Audit Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Klien Kantor Akuntan Publik Di Bali. J. Bul. Stud. Ekon. 22, 65–77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.