EVALUASI RESPON DAN STRATEGI UNTUK SUSTAINABILITAS HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA TAMBAK OSO KECAMATAN WARU-SIDOARJO

Waluyo Prasetyo, Muchammad Tamyiz, Fuad Achmadi

Abstract


Penelitian ini merupakan kontinyuitas dari Program Kemitraan Masyarakat yang dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian dan Pengembangan, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun 2019. Obyek dari program ini adalah Desa Tambak Oso, Sidoarjo, Jawa Timur-Indonesia. Feedback kuesioner dianalisis secara deskriptif dan kemudian dijadikan acuan dalam penentuan strategi yang akan dilaksanakan pada kegiatan/pelatihan selanjutnya. Dari total 12 respon yang didapatkan kembali untuk diolah memberikan informasi ranking 5 (lima) kategori besar untuk dijadikan acuan pada kegiatan selanjutnya. Kategori Bimtek dan Operasional merupakan “menu wajib†pada setiap kegiatan yang mengaplikasikan alat untuk menunjang kegiatan yang dilakukan. Tiga kategori selanjutnya (WA, Omset, dan Kesesuaian) perlu dianalisis lebih lanjut untuk menentukan prioritas pada pelatihan yang akan diberikan selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


https://thenextmarketers.com/internetmarketing/, diakses 5 Nopember 2019.

https://websindo.com/indonesia-digital- 2019-media-sosial/, diakses 5 Nopember 2019.

Jinling & Chang (2009). Modeling Ecommerce Website Quality with Quality Function Deployment, IEEE International Conference on Deployment e-Business Engineering.

Kuncoro, Mudrajad, 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008. [Online] http://www.mudrajad.com/upload/Tujuh%20Tantangan%20UKM %20di%20Tengah%20Krisis%20Glob al.pdf, diakses tanggal 5 Juni 2010.

Lasmadiarta, M., (2011). Extreme Facebook Marketing for Giant Profits. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Tamyiz, M., Prasetyo, P., dan Achmadi, F., Pelatihan Pemasaran Daring bagi Kelompok Usaha Pengolahan Ikan Mina Sekar di Desa Tambak Oso. Journal of Science and Social Development, Vol. 2 No. 1 Juni 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.