PENINGKATAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR DESA TAMBAK CEMANDI SIDOARJO DALAM PENGOLAHAN LIMBAH CANGKANG KERANG MENJADI PAKAN TERNAK

Qurrota A’yuni, Atik Widiyanti, Ika Fitri Ulfindrayani, Yanuar Risah Prayogi, Sonhaji Arif, Anggun Fitria Laila Ningsih

Abstract


Limbah cangkang kerang menjadi permasalahan utama di Desa Tambak Cemandi Sidoarjo karena jumlahnya yang melimpah dan terus-menerus bertambah. Upaya untuk mengurangi limbah tersebut telah dilakukan namun belum optimal. Sebagaian besar warga menjadikan limbah cangkang kerang sebagai bahan urukan halaman rumah dan menumpuknya begitu saja hingga menjadi gunung cangkang. Tumpukan cangkang membuat lingkungan sekitar menjadi kumuh dan menimbulkan bau yang tidak sedap serta menjadi sarang kawanan tikus dan serangga yang berdampak negatif bagi kesehatan warga. Disisi lain, cangkang kerang mengandung kalsium yang tinggi, protein, dan fosfor sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak terutama bagi unggas petelur untuk meningkatkan kualitas telurnya. Minimnya pemahaman warga terhadap manfaat cangkang kerang menyebabkan tidak ada yang mengolahnya menjadi suatu produk yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, metode yang dilakukan dalam program pengabdian masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai pengolahan limbah cangkang kerang menjadi pakan ternak serta menghibahkan alat-alat yang diperlukan agar selanjutnya dapat digunakan oleh warga Desa Tambak Cemandi Sidoarjo. Berdasarkan hasil kuisioner setelah dilakukan pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan warga untuk mengolah limbah cangkang kerang menjadi pakan ternak. Untuk mengatasi keterbatasan alat dilakukan pengadaan mesin penepung cangkang sehingga membantu warga dalam mengolah limbah cangkang kerang menjadi pakan ternak.

 

Kata kunci:Limbah Cangkang Kerang, Pakan Ternak, Desa Tambak Cemandi Sidoarjo.

Full Text:

PDF

References


Faujiah, Anna. 2013. Jurnal Amdal Pengelolaan Limbah Kulit Kerang di Kelurahan Cilincing Jakarta Utara.

Kurniasih, D., Rahmat, M.B., Handoko, C.R., dan Zuhri, A. 2017. Pembuatan Pakan Ternak dari Limbah Cangkang Kerang di Desa Bulak Kenjeran Surabaya. Seminar MASTER Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Setyaningrum, H.I., I. Mangisah, dan F. Wahyono. 2007. Peningkatan Produktivitas Usaha Peternakan Ayam Kedu Melalui Peningkatan Kualitas Ransum dan Biosekuriti terhadap Flu Burung di Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang. Laporan Program Penerapan IPTEKS.

Taufiqurrohman, M; Winarno Arif; dan Sulistyo, Wahyu. 2007. Rancang Bangun Mesin Penghancur Kulit Kerang untuk Meningkatkan Nilai Tambah dari Limbah Pengupasan Kerang. Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan Universitas Hang Tuah.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat PPNS, Modul Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak dari Limbah Cangkang Kerang, Agustus, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.