UJI EFEKTIFITAS PENCEMAR BOD PADA AIR LIMBAH PENCUCIAN IKAN MENGGUNAKAN RAPID SAND FILTER DI PASAR IKAN SIDOARJO

Lily Oktavia, Atik Widiyanti, Mohamad Imam Baihaqi Nasihuddin, Akhirul Yatim

Abstract


Kabupaten Sidoarjo merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Selat Madura sehingga berpotensi besar di bidang perikanan. Tingginya hasil budidaya perikanan di Kabupaten Sidoarjo berbanding lurus dengan jumlah limbah perikanan yang dihasilkan. Limbah cair umumnya berasal dari air bekas pencucian ikan yang berwarna kecoklatan, keruh, dan berbau amis. Selain itu, limbah tersebut mengandung bahan organik yang tinggi yang berpotensi mencemari air sungai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penurunan kadar BOD (5,20) pengolahan limbah air hasil pencucian ikan dari Pasar Ikan Sidoarjo menggunakan reaktor bak pengendapan dan Rapid Sand Filter (RSF). Tahap penelitian akan dilakukan menggunakan skala laboratorium menggunakan Bak Pengendapan sebagai pretreatment dan RSF sebagai pengolahan lanjutan (secondary treatment). Penelitian ini diawali dengan uji pendahuluan untuk mengetahui kualitas influent limbah air pencucian ikan selanjutnya dilakukan pretreatment. RSF menggunakan media penyangga berupa: zeolith dan kerikil. Debit influent limbah divariasi dalam dua variable 10 liter/hari dan 15 liter/hari. Hasil pengolahan dari RSF selanjutnya dianalisis parameter BOD (5,20) selama 4 hari berturut-turut menggunakan standar Metode EPHA.    Hasil penelitian diperoleh bahwa mengolah air limbah bekas pencucian ikan menggunakan bak pengendapan dan RSF dapat menurunkan kandungan bahan pencemar organik melalui parameter BOD (5,20) dengan efektifitas mencapai rata-rata 90% dengan media kerikil dan 95% dengan media zeolith. Sehingga dapat disimpulkan bahwa air limbah pencucian ikan dari Pasar Ikan Sidoarjo dapat diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai sehingga bahan pencemar BOD nya dapat diturunkan sampai dengan 95% menggunakan Teknologi RSFdengan media zeolith.

 

Kata kunci:Limbah Cair Pencucian Ikan, BOD, Rapid Sand Filter, Zeolith

Full Text:

PDF

References


Bergheim, A., Sanni, S., Indrevik, G., and Holland, P. 1993. Sludge Removal from Salmonid Tank Effluent Using Rotaring Microsieves. Aquac. Eng. 12, 97-109.

Billota, G.S., & Bazier, RE. 2008. Understanding the Influence of Suspended Solid on Water Quality and Aquatic Biota. Water research 42, 12: 2849-2861.

Comeau, Y., Brisson, J.P., Forget, C., and Drisco, A.2001. Phosporus removal from troat farm effluents by contruction wetland. Wat. Sci. Tech 44 (11-12).

Fajri, M.N., Yohanna, L.H., dan Sigit, S. 2017.Efektifitas Rapid Sand Filter untuk Meningkatkan Kualitas Air Daerah Gambut di Provinsi Riau. Jom FTEKNIK Volume 4 No. 1

Pamungkas, Oktafeni. 2016. Studi Pencemaran Limbah Cair Dengan Parameter BOD5 dan Ph di Pasar Ikan Tradisional dan Pasar Ikan Modern di Kota Semarang. Skripsi

Oktavia, Lily. 2013. Peningkatan Kualitas Limbah Cair Pencucian Ikan dengan Pengolahan Modifikasi Bio-Rack Wetland Menggunakan Padi atau Cyprus. Tesis Prodi Teknik Lingkungan ITS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.