PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN MARKETING TERHADAP KINERJA USAHA KECIL MENENGAH BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN

Untung Usada, Arie Widya Murni

Abstract


Konsep Green Product dan Green Marketing yang dilakukan Usaha Kecil dan Menengah harus bisa menyakinkan konsumen. Dalam memodifikasi produk, terkadang tidak sesuai dengan selera konsumen, jadi, barang tidak laku dijual. Kondisi ini sangat menyulitkan pelaku UKM untuk menyesuaikan produk yang ramah lingkungan. Biaya Research and Development yang sangat tinggi terkadang mengakibatkan pelaku UKM ragu-ragu untuk memodifikasi produk. Pesaing dari pelaku UKM lain dapat mengakibatkan susahnya pelaku UKM untuk melakukan perubahan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh green product dan green marketing terhadap kinerja UKM di Kabupaten Sidoarjo. Pemetaan kriteria-kriteria green product dan green marketing yang mempengaruhi kinerja UKM berbasis ramah lingkungan, kemudian dilakukan analisa pengaruh green product dan green marketing terhadap kinerja UKM berbasis ramah lingkungan. Metode yang digunakan dalam menentukan pengaruh tersebut adalah Partial Least Square (PLS). Dari hasil pengolahan data didapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UKM.

Kata kunci:Green Product , Green Marketing, Strategi Inovasi, UKM


Full Text:

PDF

References


Chang, C. H. 2011. The influence of corporate environmental ethics on competitive advantage: the mediation role of green innovation. Department of Business Administration, 104 (3): 362-366.

Porter, M.E., (1985), Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance, Free Press, New York.

Rangkuti, Freddy (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Raldianinggrat,Welis, dan Muryanti, (2014), “upaya peningkatan kineja industry kreatif kerajinan melalui people equity dan strategi inovasi di kabupaten konaweâ€, EKOBIS Vol.15, No.2, Juli 2014 : 102 - 112

Syarif, Mahmud, Azizah,Ayu, dan Priyatna, Ade. (2015), “analisis perkembangan dan peran industri kreatif untuk menghadapi tantangan MEA 2015â€, Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT) 2015.

Okada, E.M. & Mais, E.L. (2010). Framing the green alternative for environmentally conscious consumers, sustainability accounting. Management and Policy Journal. 1 (2), 222-234.

Ooi, Can-Sen, (2011), “Subjugated in the Creative Industries: The Fine Arts in Singaporeâ€, Culture Unbound, Volume 3, 2011: 119–137. Hosted by Linköping University Electronic Press: http://www.cultureunbound.ep.liu.se.

Ward, John, Dan Peppard, Joe. (2002). Strategic Planning For Information Systems. John Wiley And Sons Ltd., England.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.