PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PEMASARAN PENGRAJIN SABLON DI DESA POGAR KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN

Listin Fitrianah, Agus Rachmad Purnama, Machfudzil Asror

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk pelatihan pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi sablon di Kabupaten Pasuruan dengan harapan dapat memperluas area pemasaran yang akan memberikan imbas terhadap peningkatan omset. Kegiatan ini menggunakan Metode Pendekatan Kontekstual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan workshop langsung untuk mengunggah produk-produk yang dihasilkan oleh mitra. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta pengabdian sangat tertarik mengikuti pelatihan semacam ini, mereka sangat merasa terbantu dalam memanfaatkan media online, website sebagai sarana pemasaran hasil produksi yang sudah berkembang pesat dewasa ini. Respon peserta 20% menyatakan bahwa kegiatan  pelatihan dengan topik ini tidak perlu dilakukan, 80% menyatakan merasa perlu dengan kegiatan pelatihan ini. Pelatihan tersebut sangat membantu dan mendukung proses pemasaran produk secara online sebagai media promosi produk untuk meningkatkan omset usaha.

 

Kata kunci:Pengabdian, Pemasaran Online, Sablon, Website.

Full Text:

PDF

References


Arwiedya, Yohanes. 2011. Keputusan Membeli Secara Online dan FaktorFaktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik Volume XIII, No. 2, Juli 2011:140-146

Ashidieqi. 2012. Penjualan Langsung Berbasis Web E-Commerce (Pasar Online). Jurnal Universitas Gunadarma. Vol. 13, No. 3. 1899-12-30namik Volume XIII, No. 2, Juli 2011:140-146

Buchari Alma. 2005. Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta

Kotler, Philip. 2008. Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Rangkuti Freddy. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Risnaningsih, Suhendri H. 2015. Pelatihan dan Pendampingan Usaha Mikro Dhi Sablon dan Printing dan The Jokers

Arwiedya, Yohanes. 2011. Keputusan Membeli Secara Online dan FaktorFaktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik Volume XIII, No. 2, Juli 2011:140-146

Ashidieqi. 2012. Penjualan Langsung Berbasis Web E-Commerce (Pasar Online). Jurnal Universitas Gunadarma. Vol. 13, No. 3. 1899-12-30namik Volume XIII, No. 2, Juli 2011:140-146

Buchari Alma. 2005. Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta

Kotler, Philip. 2008. Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Rangkuti Freddy. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Risnaningsih, Suhendri H. 2015. Pelatihan dan Pendampingan Usaha Mikro Dhi Sablon dan Printing dan The Jokers Sablon dan Offset Malang. Jurnal Dedikasi 12 (1): 8-13.

Wijaya, Petra Surya Mega dan Christina Teguh. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli di Online Shop Specialis Guess. JRMB Volume 7, No. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.