KONSEP GRAMMAR MAHASISWA BERDASARKAN ANALISIS KRITIS TERHADAP SOAL TOEFL DI APLIKASI NST TOEFL EXPLORER DAN GENIUS TOEFL

Barotun Mabaroh, Ninik Suryatiningsih

Abstract


Grammar merupakan aspek penting dalam penguasaan semua skill di Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan, dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia, grammar menjadi sebuah acuan atau standar agar komunikasi yang dilakukan dapat lebih dipahami satu sama lain. Pada dasarnya, penguasaan grammar bermakna penguasaan rangkaian konsep kebahasaan yang terstruktur, logis, dan rasional. Sehingga kalimat yang tidak tersusun sesuai dengan standar dari tata Bahasa Inggris secara universal, kurang logis, dan tidak rasional cenderung diklaim sebagai rangkaian tak terstruktur. Untuk menguji kualitas penguasaan terhadap grammar, tes-tes kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL kerap menampilkan soal-soal terkait dengan cara yang bervariasi. Pada aplikasi NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL, soal-soal tentang grammar ditampilkan dalam bentuk pilihan ganda sederhana dan analitik. Dua aplikasi tersebut juga akan menampilkan pembahasan untuk menyelesaikan soal-soal yang telah diujikan. Dengan fitur pembahasaan soal yang ada di dua aplikasi tersebut, tim peneliti mengungkap bahwa mahasiswa perlu untuk memiliki kemampuan mengidentifikasi alasan mengapa mereka gagal memberikan jawaban benar pada soal-soal yang diujikan. Oleh karena itu, tim peneliti telah mengembangkan instrumen berupa lembar kerja sehingga mahasiswa akan dapat mengungkapkan analisis kritisnya dengan rasionalisasiyang otentik. Dari lembar kerja ini, tim peneliti juga akan mengklasifikasi pola pemahaman mahasiswa terhadap konsep grammar. Hasil klasifikasi ini kemudian telahdiklarifikasi dengan cara interview dan hasilnya dirumuskan sebagai deskripsi konsep grammar mahasiswayang tentu akan menambah khazanah fenomena akuisisi tata Bahasa Inggris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa tidak hanya memiliki konsep grammarsesuai standar universal, namun mahasiswa juga memiliki konsep grammarberbasis perasaan (feeling).

 

Kata kunci:Aplikasi, Grammar,Perasaan (Feeling), Konsep, Universal.

Full Text:

PDF

References


Alwisol. 2018. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Mabaroh, B., dan Pusparini, DA. 2018. Panduan Teknis Pembelajaran Grammar Berbasis ICT: Studi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi NST TOEFL Explorer di STKIP PGRIPasuruan. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.

Derakhshan, A., dan Karimi, E. The Interference of First Language and Second Language Acquisition. Theory and Practice inLanguage Studies, Vol. 5, No. 10, pp. 2112-2117, October 2015.

Ellis, N., & Sagarra, N. The bounds of adult language acquisition. Studies in Second Language Acquisition, vol. 32, pp 553-580, 2010.

Prastowo, A. 2011.Memahami Metode-Metode Penelitian.Jogjakarta: Ar-ruzz Media,

Rohmah, Z. 2009. TEFLINJournal. EFL Materials in Madrasah Tsanawiyah: What Do They Really Need?, Volume 20 Number 1 Februari 2009.

http://www.geniustoefl.com/artikel-ilmu-kunci-toefl/artikel/structure-and-written-expression/contoh-soal-toefl-structure-and-written-expression. Diakses tanggal 02 September 2019.

https://www.kompasiana.com/pebrianov/5aea935eab12ae147d04fa34/peserta-ujian-sbmptn-jangan-takut-spekulasi-mengisi-jawaban-soal?page=all diakses tanggal 06 September 2019.

https://kbbi.web.id/ragudiakses tanggal 06 September 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.