PENGGUNAAN PEMASARAN ONLINE PADA UMKM TELUR ASIN DI DESA KEBONSARI KABUPATEN SIDOARJO

Yulia Tri Rahkadima, Medya Ayunda Fitri, Rina Sri Wulandari

Abstract


Telur asin merupakan produk andalan Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Telur asin diolah oleh peternak setempat dengan berbagai cara yaitu dikukus, oven, dan dibakar. Inovasi terus dilakukan untuk mengembangkan usaha tersebut, namun proses tersebut masih memiliki berbagai kendala salah satunya adalah proses pemasaran. Proses pemasaran telur asin masih mengandalkan pada metode lama yaitu menaruh produk di etalase depan rumah dan menitipkan produk di toko relasi. Metode pemasaran tersebut tidak efektif untuk meningkatkan penjualan. Metode pemasaran secara online dengan memanfaatkan media sosial, berbagai marketplace ataupun menggunakan blog dilakukan untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Angka penjualan telur asin dapat meningkat dengan mengaplikasikan pemasaran secara online

 

Kata kunci:Telur Asin, Pemasaran, Online

Full Text:

PDF

References


Bado, Basri. 2011. Pengaruh Kemitraan Usaha terhadap Kinerja Usaha pada Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Econo Sains. Vol.IX no.2.

Ditjennak. 2010. Statistik Peternakan dan KesehatanHewan. Direktorat Jenderal Bina Produksi Peternakan, Jakarta: CV. Karya Cemerlang, Departemen Pertanian RI.

Kriswanto dan Wulansarie, Ria.2018. IbMUsaha Ternak Bebek Petelur dan Produsen Telur Asin Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Abdimas vol. 22 no. 1, Juni .

Saniya. 2015.Analisis Strategi Pemasaran Online pada Brand Komersil dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. FISIP UI

Sultoni A. 2004. Pengaruh Konsentrasi Larutan Asam Asetat dan Lama Perendaman terhadap Beberapa Karakteristik Telur Asin Dari Telur Itik Jawa Anas Javanicus. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Jatinangor.

Winarno FG dan Koswara. 2002. Telur: Komposisi, Penanganan dan Pengolahannya. M-Brio Press. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.