UPAYA PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) DENGAN MEMANFAATKAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN BIBIT IKAN DI DESA PLOSOBUDEN KEC.DEKET KAB. LAMONGAN

Danu Kusbandono, Sabilar Rosyad

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan daya serap UKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. Tetapi UKM yang ada di Indonesia masih menghadapi berbagai masalah antara lain masalah promosi, pemasaran, dan penjualan penjualan produk yang dihasilkan. Seiring perkembangan teknologi informasidan komunikasi, makaiajuga telah dimanfaatkan untuk pemasaran dan penjualan produk-produk melalui dunia maya yang sering disebute-commerce. Penjualan dan pemasaran produk melalui dunia maya mempunyai banyak keuntungan, yaitu cakupan yang luas, tidakmengenal ruangdan waktu, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Olehkarenaitue-commerce patut dicoba untuk membantu mengembangkan UKM yang ada di Indonesia.

 

Kata kunci:E-Commerce, UKM, ICT.

Full Text:

PDF

References


Alexander, Y.Y. 2002. EnablingE-CommerceGrowth through theSocialConstructionofAVirtual Community’sCulture.Journal of ElectronicCommerceResearch, VOL. 3, NO. 4, 2002 Page279.

Bodendorf, Freimut,andLang, Florian.2009.Automated Servicesfor Market-BasedE- Commerce Transactions.Proceedingsof the InternationalMultiConference of EngineersandComputerScientists2009VolIIMECS2009, March18- 20, 2009, HongKong.

Fensel, D. 2001. Product Data Integration in B2B E-commerce, IEEE Intelligent Systems.

Hafsah, M.J. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop Nomor 25 Tahun XX

Jansen, B.J. 2006.The Comparative Effectiveness of Sponsored and Nonsponsored Links for Web E-commerce Queries. ACM Transactions on the Web, Vol. 1, No. 1, Article 3, Publication date: May 2007

Jinling, Chang. 2009. Modeling E-Commerce Website Quality with Quality Function Deployment, IEEE International Conference on Deployment e-Business Engineering. 21-23 Oct.

Kementerian Koperasi dan UKM. 2019. Situs web www.depkop.go.id.

Kurniawan, Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Tersedia [Online] http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/ mengembangkan-ekonomi-kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm/ Diakses tanggal 5 Juni 2010.

Kuncoro, Mudrajad, 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008. [Online] http://www.mudrajad.com/upload/Tujuh%20 Tantangan% 20UKM%20di%20Tengah%20Krisis%20Global.pdf Diakses tanggal 5 Juni 2010.

Lu, Xiaolin. 2009. Embedded XML Data Exchange for Asynchronous Communication Between E-commerce Systems, 2009. ICMECG '09. International Conference on Management of e-Commerce and e-Government. 16-19 September.

Manurung, Adler`Haymans. 2006, Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah), Kompas, Jakarta.

Nofie, Iman. 2007. Mengenal E-Commerce. dari www.nofieiman.com Jan 2007.

Omelayenko, Borys and Dieter Fensel. 2008. Scalable Document Integration for B2b Electronic Commerce. Special Issue of Electronic Commerce Research Journal On B2b Research

Quaddus, M. Jun Xu. 2008. Adoption of e-Commerce: A decision theoretic framework and an illustrative application .ICCIT 2008. 10th International Conference on Computer and Information Technology, 27-29 Dec.

Sripo. 2010. 38.044 UKM Serap 163.830 Tenaga Kerja. Harian Umum Sriwijaya Post Tanggal 15 April 2010.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Supardi, Julian. 2009. Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri Vol 1 No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.