PKM UMKM RENGGINANG

Khoirul Hidayat, Mohammad Yaskun

Abstract


Rengginang adalah makanan ringan berbahan dasar beras ketan yang berbentuk bulat pipih dengan diameter 5-7 cm, memiliki rasa yang gurih dan bertekstur renyah setelah digoreng. Selama ini UMKM Sumbermulyo mengalami kesulitan dalam meningkatkan jumlah produksinya, hal itu dikarenakan teknologi yang digunakan untuk memproduksi rengginang masih sederhana. Sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan pasar yang tinggi. Masalah dalam proses produksi adalah masih banyaknya cacat produk sebanyak 25% berupa rengginang patah, tidak sesuai pola, dan hancur. Dari aspek manajemen usaha, struktur usaha UMKM ini masih sangat sederhana karena hanya terdiri atas pemilik usaha dan pekerja. Manajemen usaha, administrasi, produksi, sumberdaya, keuangan dan pemasaran dilakukan oleh pemilik UMKM. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah memberikan mesin cetakan rengginang dengan bahan stainless yang aman bagi produk makanan serta tidak mudah patah jika digunakan. Dengan adanya cetakan dari bahan stainless ini mampu menurunkan cacat produk dari 25 % menjadi 10% dan meningkatkan kapasitas produksi dari 80 kg/hari menjadi 140 kg/hari atau meningkat 80%. Sedangkan untuk menyelesaikan masalah manajemen administrasi dan keuangan, dilakukan workshopsistem manajemen administrasi dan keuangan yang kemudian diperkenalkan, dilatih, dan diterapkan kepada pemilik dan pekerja UMKM rengginang.

 

Kata kunci:PKM, Produksi, Rengginan


Full Text:

PDF

References


Agus S, 2006. Pengeringan Pakan Pallet dengan Alat pengering Buatan, Temu Teknis Nusional Tenaga Fungsional Pertanian, Balai penelitian Ternak Bogor.

Alwi, Suryanti, 2006. Perancangan Mesin Pengering Ikan Dengan Menggunakan Kolektor Surya Plat Datar, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kristen Petra.

Hurst, K. 2006. Prinsip–Prinsip Perancangan Teknik. Erlangga. Jakarta.

Nurmianto, E. 2004. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi Kedua. Penerbit Guna Widya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Ulrich, K.T. and Eppinger, S.D. 2006. Product Design and Development (third edition). McGraw-Hill, Inc., New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.