BEDAH BUKU: MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SD MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE (BUKU PANDUAN PADA PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KUNINGAN)

Nana Sutarna, Ahmad Fajri Lutfi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Buku Media Pembelajaran untuk SD menggunakan Lectora Inspire. Buku ini dibuat sebagai panduan pelaksanaan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Lectora Inspire bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan yang telah dilaksanakan tanggal 22 Juli sampai dengan 10 Agustus 2019. Program pelatihan yang dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan hibah Program Kemitraan Masyarakat DRPM Dikti tahun 2019. Terdapat delapan bab yang tertulis pada buku ini, yakni: (1) Belajar dan Pembelajaran; (2) Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar; (3) Media Pembelajaran; (4) Multimedia dalam Pembelajaran; (5) E-Learning sebagai Media Pembelajaran; (6) Mengenal Lectora Inspire; (7) Membuat Peta Konsep Pembelajaran dan Storyboard; dan (8) Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire. Penggunaan buku ini berkontribusi pada suksesnya pelaksanaan pelatihan pada kegiatan PKM. Hal tersebut terlihat dari beberapa capaian yang didapatkan setelah pelaksanaan pelatihan, yaitu: (1) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru berkenaan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan aplikasi Lectora Inspire; (2) Meningkatnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT menggunakan aplikasi Lectora Inspire dan (3) Selama proses pelatihan 90% peserta pelatihan memiliki antusiasme yang tinggi untuk ikut serta dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan aplikasi Lectora Inspire.

 

Kata kunci:ICT, Lectora Inspire, Media Pembelajaran, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Anwariningsih, Huning Sri. 2014. Kesiapan Penggunaan ICT pada Sekolah Dasar di Daerah Rural dalam Perubahan Paradigma Pembelajaran. Seminar Nasional dan Call for Papers UNIBA.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda

Mas’ud, Muhammad. 2012. Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Shonif.

Rosch. 1996. Easy Way to Understand the Multimedia. Boston: Allyn and Bacom.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Sanders, Mark S. and Ernest J. Mc. Cormick. 1993. Human Factors in Engineering and Design. 7th ed. Singapore: McGraw-Hill Book Co.,

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shalikhah, Norma Dewi. 2016. Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal CAKRAWALA, Vol. XI, No. 1, Juni 2016.

Shalikhah, Norma Dewi. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Jurnal WARTA LPM, Vol. 20, No. 1, Maret 2017: 9-16, p ISSN: 1410-9344, e ISSN: 2549-5631.

Siregar, Eveline dan Hartini, Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Surjono, Herman Dwi. 2010. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Makalah. Disajikan dalam seminar MGMP Terpadu SMP/MTs Kota Magelang.

Suradijono, S. H. R. 2004. Pembelajaran berbasis web: Suatu tinjauan dari aspek kognitif. In Lokakarya Metode Pembelajaran Berbasis Web. Departemen Teknik Penerbangan ITB, Bandung, Oktober 1, 2004.

Suryani, Atik. 2016. Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Sekolah Dasar. Http://atiksuryani.blogs.uny.ac.id. Diakses 09 Agustus 2019 pukul 21:58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.