PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS VIRTUAL GOOGLE CLASSROOM

Hilyah Ashoumi, Mochammad Syafiuddin Shobirin

Abstract


Media Pembelajaran berbasis teknologi kini menjadi hal yang sangat dibutuhkan di perguruan tinggi baik bagi mahasiswa maupun dosen. Kemampuan dan kecanggihan google classroom sebagai e-learning berbasis web dan mobile dibeberapa penelitian dapat meningkatkan minat, motivasi serta hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Performa dalam penyimpanan data serta menyajikan konten dinamis seperti video yang stabil membuat peneliti tertarik untuk meneliti pengembangan kelas virtual google classroom pada Mata Kuliah PAI di Fakultas Non-Agama Islam sebagai upaya mendukung aktifitas belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar PAI dengan menggunakan kelas virtual Google classroom serta bagaimana Bahan Ajar PAI menggunakan kelas virtual google classroom dapat mendukung aktifitas belajar mahasiswa. Di dalam penelitian ini, dilakukan suatu penelitian yang membuat suatu rancangan konten media yang disajikan melalui google classroom dengan memvalidasi atau menguji efektivitas, efisiensi, dan kepraktisan produk tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi dan bahan bagi Pengajar/Dosen PAI dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang biasanya disingkat dengan R n D sehingga langkah-langkah penelitian melalui tujuh tahap yakni, (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk.

 

Kata kunci:Aktifitas Belajar, Google Classroom, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nanuru, Ricardo F. “Progresivisme Pendidikan dan Relevansinya di Indonesia.†Jurnal UNIERA. (2013). Vol.2. No.2.

Oktadiana, N, Netti, Syukma, Hidayat, Hendra. “Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Open Source Moodle pada Materi Instalasi Perangkat Jaringan Lokal untuk Siswa SMK.†Jurnal Teknologi Pendidikan (2014).

Sadiman, Arief S. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.