RANCANG BANGUN PEMILIHAN LOKER ARSIP BERBASIS IDENTIFIKASI WAJAH MENGGUNAKAN METODE FISHERFACE

Swanida Selviyani, Budi Nur Iman, Firman Arifin

Abstract


Pada dunia perkantoran, loker arsip merupakan tempat untuk meletakkan dokumen-dokumen penting yang diarsipkan secara berkala dengan tersusun rapi agar lebih memudahkan pekerjaan seorang arsiparis untuk pencarian dokumen jika dibutuhkan kembali. Pada penelitian ini diimplementasikan face recognition atau pendeteksian wajah sebagai sistem keamanan loker arsip. Loker arsip akan bekerja, ketika arsiparis melakukan aktivasi sistem terlebih dahulu dengan memasukan pin username dan password untuk membuka sistem pendeteksian wajah pada sistem loker otomatis. Setelah aktivasi sistem telah disetujui maka sistem pendeteksian wajah akan bekerja, ketika sistem pendeteksian wajah ini dapat mendeteksi wajah pemilik loker arsip tersebut, maka loker akan terbuka secara otomatis. Ketika pemilik loker selesai meletakkan atau mengambil dokumen, maka pemilik loker mengklik button untuk menutup loker arsip secara otomatis. Semakin jauh jarak pendeteksian wajah, maka semakin stabil fps yang dilakukan oleh kedua metode. Pada jarak 50 cm nilai fps antara menggunakan metode Fisherface dengan metode LBPH sama (stabil), namun pada jarak 40 cm,pendeteksian wajah dengan Metode LBPH lebih cepat mendeteksi dibandingkan dengan metode Fisherface. Metode Fisherface memiliki jangkauan sudut yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan Metode LBPH, jangkaun menggunakan Fisherface yaitu, 600, 650, 700, 750, 1100, 1150, dan 1200, dimana pada sudut tersebut masih dapat melakukan pengenalan wajah. Error yang dihasilkan pada pengujian keseluruhan sistem sebesar 3,2 % dengan nilai keakuratan pada pengujian tersebut sebesar 6,8 %.

 

Kata kunci:Keamanan Arsip, Pendeteksian Wajah, Metode Fisherface


Full Text:

PDF

References


Bekti Maryuni Susanto Fendik Eko Purnomo, M. Faiq Ilman Fahmi. 2017. Sistem Keamanan Pintu Berbasis Pengenalan Wajah Menggunakan Metode Fisherface. Jurnal Ilmiah INOVASI Vol. 17 No. 1.Januari-April.pp. 43-47

Kissel, Thomas E.1990. Modern Industrial Electrical Motor Controls. Prentice-Hall: New Jersey.

Nurul Dwi Astari Bambang Hidayat, Suci Aulia. 2015. Sistem Absensi Pengenalan Wajah Otomatis Berbasis Video Menggunakan MetodeGabor Wavelet[Journal]//Seminar NasionalUniversitasPGRI Yogyakarta. 2015. pp. 419- 424.

Pazriyah Depi. 2017. Penggunaan Raspberry Pi dalam Mendeteksi Warna Melalui Webcam. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Pratama Muhammad Iyan Putra. 2017. Sistem Universal Remote Kontrol dengan Fitur Autentikasi Wajah. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Ramdani Deni. 2011. Aplikasi Perbandingan Algoritma Metode Fisherface Dengan Metode Eigenface Pada Sistem Pengenalan Pola Wajah. Bandung: Digital Library-Perpustakaan Pusat Unikom.

Wahyu Sulistiyo Budi Suyanto, Idhawati Hestiningsih, Mardiyono, Sukamto. 2014. Rancang BangunPrototipe Aplikasi Pengenalan Wajah untuk Sistem Absensi Alternatif dengan Metode HaarlikeFeature dan Eigenface. JTET Vol. 3 No. 2. Agustus. pp.93-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.