MANAJEMEN KEUANGAN SEDERHANA PADA HOME INDUSTRY “GETHUK PISANG” SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING ICONIC PRODUCT KEDIRI

Elmi Rakhma Aalin, Saiful Arif, Muhamad Jainudin

Abstract


Sebagai entitas yang turut membantu menjawab permasalahan di Indonesia, UMKM layak mendapatkan perhatian khusus, utamanya UMKM yang bergerak dalam iconic industry di suatu wilayah. Salah satu iconic industry yang ada di Kediri adalah gethuk pisang. Home industry gethuk pisang mayoritas dilaksanakan secara tradisional, sehingga mengalami kendala dalam proses perkembangannya. Pengetahuan mengenai manajemen keuangan sederhana serta pemasaran digital diperlukan agar dapat mendorong pelaku UMKM utamanya industri gethuk pisang hingga dapat berkembang. Metode yang digunakan untuk mendorong pertumbuhan home industry gethuk pisang salah satunya adalah dengan menggunakan penyuluhan dengan interaksi yang komunikatif.

 

Kata kunci:Manajemen Keuangan Sederhana, Iconic Product, Gethuk Pisang,

UMKM.

Full Text:

PDF

References


Alfarizi, M. K. (2019). Survey Kepemilikan Smartphone, Indonesia Peringkat ke-24. Tempo.co.

Indonesia Digital 2019: Media Sosial. (2019, September Tuesday). Retrieved september 17, 2019, from websindo:https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/

Indonesia Raksasa Digital Teknologi Asia. (2015, Oktober 02). Retrieved September Tuesday, 2019, from kominfo.go.id: https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

Indonesia, K. K. (2017). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Usaha Besar. Jakarta.

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2007). Akuntansi Intermediate 12nd edition. John Wiley & Sons, Inc.

Olivan, J. B. (2017). Communication as an Element of Knowledge for the Company's Human Resources. Elsevier Ltd. All rights reserved, 7th International Conference on Intercultural Education “Education, Health and ICT for a Transcultural World”, 15-17.

Rudianto. (2018). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Salemba Empat.

Wang, Y. (2016). What are the biggest obstacles to growth of SMEs in developing countries? An empirical evidence from an enterprise survey. Elsevier Ltd. All rights reserved, Review 16-3 167-176.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.