PELATIHAN IPTEK DAN PENDAMPINGAN “BOCAH GIMMICK†PAUD/TA CUT NYAK DIEN KELURAHAN BUNULREJO KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Nurin Fitriana, Esy Suraeni Yuniwati, Any Ikawati

Abstract


Kemampuan membaca, komunikasi verbal, dan mengenal objek merupakan kegiatan belajar bagi anak sejak dini. Hal ini menjadikan pentingnya proses pembelajaran anak saat menginjak usia sekolah lanjut. PAUD/TA Cut Nyak Dien merupakan salah satu satuan Pendidikan Usia Dini, kegiatan pembelajarannya sudah baik namun guru masih kesulitan pada saat pembelajaran kemampuan tersebut dan masih lemahnya kemampuan membaca pada beberapa siswa.Disamping itu, guru pengajar juga masih belum memanfaatkan IPTEK dalam pembelalajarannya, padahal anak-anak jaman sekarang sudah banyak yang mengenal gadget untuk bermain atau belajar (game edukatif) dengan memanfaatkan gadget berupa handphone atau laptop orang tuanya. Dengan demikian perlu dipikirkan bagaimana memberikan kegiatan belajar yang dirasa lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif menggunakan IPTEK. Kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan pengetahuan guru tentangpenggunaan media pembelajaran dengan bantuan Iptek; 2) Memberikan alat peraga pendukung proses belajar memanfaatkan teknologi elektronik berjudul Boleh Membaca Hebat pakai Game Interactive (BOCAH GIMMICK); 3) Pendampingan aplikasi pembelajaran dan alat pendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran yang memanfaatkan IPTEK sebagai sarana belajar. Target luaran berupa aplikasi alat belajar yang menarik dan interaktif berupa alat pendukung cerdas cermat yang memanfaatkan teknologi elektronik.

 

Kata kunci:Usia Dini, Teknologi, Alat Peraga.


Full Text:

PDF

References


Buku Profil Sekolah TA Cut Nyak Dien Periode 2016/2017–2019/2020. Malang: TA Cut Nyak Dien

Laila Sulastri, Yayu. IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 7 No. 2 2017, Halaman 84-91. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM/article/view/177/pdf, diakses tanggal 20 Maret 2018.

Fidesrinur. 2015. Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Kurikulum PAUD/RA Berbasis Kurimulum 2013. Malang: InPress.

Noemí, Peña-Miguel, Sedano Hoyuelos Máximo. 2014. Educational Games for Learning. Universal Journal of Educational Research 2(3): 230-238, 2014. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1053979.pdf, diakses tanggal 10 Maret 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.