SISTEM INFORMASI GEOGRAFI PARIWISATA HALAL BERBASIS ANDROID DENGAN METODE GEOLOCATION (STUDI KASUS: KOTA SANTRI KABUPATEN JOMBANG)

Chandra Sukma Anugrah, Harry B Santoso, Indra Budi

Abstract


Sektor pariwisata sebagai kegiatan perekonomian telah menjadi andalan potensi dan prioritas pengembangan bagi sejumlah negara.Indonesia memiliki banyak destinasi wisata religi yang tersebar di seluruh Indonesia,bahkan Indonesia menempati peringkat ke-2 destinasi wisata halal dunia. Wisata halal memiliki cakupan yang lebih luas tidak hanya mendata tempat-tempat religi seperti Makam Walisongo yang selama ini telah dilakukan oleh para peziarah. Melainkan lebih mengedepankan aspek pelaku atau wisatawannya untuk memfasilitasi kebutuhan sesuai dengan adab Islam misalkan penginapan, makanan, dan transportasi umum. Penelitian ini berorientasi pada perancangan aplikasi wisata halal khususnya bidang religi berbasis android yang dapat memudahkan para wisatawan untuk mengakses informasi wisata halal. Penelitian ini diterapkan di kabupaten Jombang Jawa Timut dengan menggunakan Metode User Centered Design (UCD) yang merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. UCD juga sering disebutsebagai Human Centered Design (HCD). HCD adalah sebuah pendekatan pengembangan sisteminteraktif yang secara khusus fokus untuk membuat sebuah sistem berguna. Teknologi pendataan informasi wisata halal menggunakan web service rest API with JSON sehingga bisa terintegrasi dengan sistem informasi pariwisata daerah milik Dinas Pariwisata. Dengan sistem yang terintegrasi diharapkan konsep Jombang Halal Smart City bisa terwujud sesuai dengan misi Kementrian Pariwisata Halal Tourism Indonesia.

 

Kata kunci: Halal Smart City, Sistem Informasi Geografi, Geolocation.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Hasanuddin Z., 2007, Penentuan Posisi Dengan GPS dan Aplikasinya, Jakarta: Pradnya Paramita.

Andriani, Dini. 2015. Laporan Akhir Kajian PengembanganWisataSyariah.,Jakarta: Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan.

Suherlan, Ade. 2015. “Persepsi Masyarakat Jakarta terhadap Islamic Tourismâ€. The Journal of Tauhidinomics. Vol. 1. No. 1.

Chandra Sukma A. 2018 “Perancangan Aplikasi Wisata Halal Berbasis Android Menggunakan Metode Geolocation dan Haversine Formula Menuju Jombang Halal Smart Cityâ€. dalam Jurnal Dinar Ekonomi dan Keuangan Islam Vol. 5 No. 2.

Chookaew, S., Chanin, O., Charatarawat, J.,Sriprasert, P., and Nimpaya, S. 2015. “Increasing Halal Tourism Potential atAndaman Gulf in Thailand for Muslim Countryâ€. dalamJournal ofEconomics, Business and Management. Vol. 3. No. 7.

Wiwit Denny F. 2018 “Digitalisasi Kuliner dan Wisata Halal Daerah Jombang Melalui Aplikasi Jombang Halal Tourism†dalam Jurnal Dinar Ekonomi dan Keuangan Islam Vol. 5 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.