PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK PERANCANGAN MESIN PENGHANCUR IKAN BANDENG PADA PRODUKSI OTAK-OTAK BANDENG

Muharom Muharom, Astria Hindratmo

Abstract


Perkembangan  UKM  di  Indonesia  tiap  tahun  semakin  berkembang mencapai  1  juta  per tahun. Namun  selain  perkembangan,  UKM  juga  memiliki banyak  permasalahan terutama  terkait  penggunaan  teknologi  mesin  pada  proses produksinya.  Penggunaan  teknologi  mesin  tepat  guna  dapat  meningkatkan produksi  UKM  dan  meningkatkan  kualitas  produk.  UKM  otak-otak  Bandeng  di Gresik  Jawa  Timur  sebagian  besar  dalam  produksinya  masih  menggunakan peralatan yang sederhana tanpa mesin sehingga waktu produksi cukup lama dan tidak efisien. Tujuan  dari  penelitian  ini  yaitu  merancang  desain  mesin  penghancur bandeng  dengan  metode  Quality  Function  Deployment  (QFD). Data didapatkan dari pengisian kuesioner yang berisikan tentang kebutuhan dan keinginan UKM pudak tentang mesin penghacur daging bandeng yang efektif dan efisien. Dalam proses pengolahan datanya digunakan House of Quality (HOQ). Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan desain mesin otak-otak bandeng dengan 10 atribut yang sesuai kebutuhan pembeli dan 9 atribut respon teknis. Dari 10 atribut mesin yang sesuai kebutuhan pembeli tersebut didapatkan prioritas pertama atribut dari nilai contibution terbesar yaitu atribut tahan lama dengan nilai kontribusi sebesar 1,38 dan prioritas terakhir yaitu pada atribut kapasitas produksi meningkat dengan nilai 0,32.

Kata kunci: UKM, QFD, HOQ.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2016, Tabel Perkembangan UMKM, BPS.go.id, Diakses dari, https//www.bps.go.id/ statictable/2014/01/30/1322/tabel-perkembangan-umkm-pada-periode-1997--2013.html, 13 April 2019.

M. Dagri Yusuf Ode La, 2018. Perancangan Mesin Penggiling Sagu Rotary Dryer dengan Metode Quality Fuction Deploymentsebagai Bagian dari Rekayasa Proses Bisnis. Skripsi S-1 Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.

Permatadenyn Ary, dan Nuryulianti Erica, (2016). Perancangan Alat Cetak Isi Resoles dengan Metode QFD (Quality Fuction Deployment) untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas pada Home Industry Roti. Jurnal Teknoscienza Vol.1 No.1 Oktober 2016.

Pratiwi Yuni, & Ismanto, 2011. Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produk Melalui Perbaikan Teknologi Proses Produksi pada Usaha Kerajinan Batu Putih Gunung Kidul, Jurnal Inotek Volume15.

Shobiruddin Achmad, & Wulandari Diah, 2017. Penerapan Metode QFD (Quality Function Deployment) untuk Desain Penggiling Pakan Ikan. Jurnal JRM Volume 04 nomor 02 Tahun 2017,hal 181-189.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.