ETIKA BISNIS ISLAM DAN KELANGSUNGAN USAHA AQIQOH SERVICE CENTRE (ASC) DI GRESIK

Misbahul Khoir, Moh. Subhan. ZA Subhan

Abstract


Aqiqoh Service Center (ASC) adalah pusat layanan aqiqoh pertama dan tertua di Gresik karena telah lebih dari 50 tahun dan telah berkontribusi pada pembentukan generasi Islam dengan melayani, membantu, dan memfasilitasi niat orang tua Muslim di Kota Gresik dan sekitarnya. Penelitian ini akan menjawab dua pertanyaan: (1) Apa perbedaan antara etika bisnis Islam dan non-Islam, dan (2) Bagaimana urgensi etika bisnis Islam dalam kelangsungan bisnis ASC di Gresik? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dengan tujuan memahami fenomena yang dialami subjek penelitian termasuk perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan secara holistik dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara mendalam atau diskusi kelompok terarah, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: mengolah dan menyiapkan data untuk analisis, membaca seluruh data, menganalisis secara lebih rinci dengan mengkode data, mempertimbangkan instruksi terperinci yang dapat membantu proses pengkodean, memberikan deskripsi yang akan disajikan dalam laporan, menafsirkan dan menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis ASC UD. H. M. Arba'i di Gresik, selain mencari qimahmadiyah (nilai materi), tetapi juga harus dapat memperoleh dan memberikan dua orientasi lainnya, yaitu qulah khuluqiyah dan qimah ruhiyah. Qimah khuluqiyah adalah nilai moral mulia yang menjadi kebutuhan yang muncul dalam kegiatan bisnis, sehingga tercipta persaudaraan Islami, antara manajer bisnis dan karyawan, serta antara penjual dan pembeli. Qimahruhiyah berarti, tindakan bisnis dimaksudkan untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan kata lain, ketika melakukan kegiatan bisnis, itu harus disertai dengan kesadaran akan hubungan dengan Tuhan. Inilah yang dimaksud, bahwa setiap tindakan Muslim adalah ibadah. Ibadah amal adalah materi, sementara kesadaran akan hubungan dengan Tuhan ketika melakukan bisnis disebut roh. Kata kunci:Etika Bisnis Islam, Ibadah, Pusat Layanan Aqiqah.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari.Manejemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta,tt.

Beekun, Rafiq Issa. 1997.Islamic Business Ethics. Virginia: The International Institute of Islamic Thought.

Kuntowijoyo. 1991. Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Muhammad. 2004. Etika Bisnis Islami. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Muhammad. 2003.Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Yusanto & Wijayakusuma. 2002.Menggagas Bisnis Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Rafiq Issa Beekun. 1997. Islamic Business Ethics. Virginia: IRTI.

Naja, Hasanuddin Rahman Daeng. 2004. Membangun Micro Banking. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Susilo, Sri. 2001.Strategi Bertahan Industri Kecil. Surabaya: Universitas Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.