PERAN ORANG TUA DI ERA DIGITAL (KEGIATAN LITERASI DIGITAL BAGI ORANG TUA DI BURNEH BANGKALAN)

Drajat Wicaksono, Yuliana Rakhmawati, Nikmah Suryandari

Abstract


Kegiatan ini berawal dari keprihatinan pada kondisi anak-anak yang terpapar gawai dengan segala dampaknya. Dengan alasan pragmatis, orang tua cenderung memberi fasilitas gawai, bahkan  untuk anak usia pra sekolah agar tidak merepotkan dan rewel. Kecakapan literasi digital bukan sekedar hal-hal yang berkaitan dengan ketrampilan teknis dalam mengakses internet, namun juga pada kompetensi pengguna untuk menyaring bermacam informasi dan hiburan yang tersedia melalui fasilitas internet. Kegiatan pengabdian masyarakat tentang literasi digital ini dilakukan di Desa Burneh Bangkalan. Kegiatan berbentuk penyuluhan kepada orang tua sebagai  pihak yang paling berpengaruh dalam proses tumbuh kembang anak di rumah. Pola asuh di keluarga saat ini lebih didominasi oleh peralatan canggih berbasis internet, sehingga sentuhan humanis dalam keluarga jauh berkurang. Kegiatan penyuluhan tentang cerdas berinternet ini merupakan langkah kecil yang dapat dilakukan ditengah gempuran informasi beragam di dunia maya. Tanpa kecakapan literasi digital yang memadai, orang tua tidak akan mampu memberikan pendampingan kepada anak-anak sehingga dengan mudah terjebak dalam lautan informasi tak terbatas yang mereka temui di dunia maya. Melalui pendampingan bijak dari orang tua, diharapkan anak-anak dapat memanfaatkan teknologi secara tepat dan bijaksana untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdasan.

 

Kata kunci:Masa Digital, Literasi Digital, Internet.

Full Text:

PDF

References


APJII. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia.Diakses dari:https://www.apjii.or.id

Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies: A Review of Concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218-259.

Buckingham, D. 2007. Digital Media Literacies: Rethinking Media Education in the Age of the Internet. Research in Comparative and International Education,2(1), 43-55.

Kurnia, Novi. 2017. Literasi Digital Keluarga. Center for Digital Society (CFDS). UGM Yogyakarta

Martin, Allan. 2008. Digital Literacy and the ‘Digital Society’ dalam Lankshear, C., and Knobel. Digital literacies: concepts, policies and practices. Die Deutsche Bibliothek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.