PENGENDALIAN PERSEDIAAN MATERIAL UNTUK MEMENUHI SISTEM PRODUKSI MAKE TO STOCK MENGGUNAKAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP)

Nur Rahmawati

Abstract


CV. Dua Putra merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dan tergolong perusahaan menengah kebawah. Perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur yang meproduksi berbagai macam jenis sepatu, seperti sepatu futsal, sepatu lari, sepatu sekolah (BTS) dan juga sepatu casual.  Dilihat dari kondisi saat ini, perusahaan masih melakukan perencanaan material secara sederhana, dimana produk baru akan dibeli jika stok sudah habis. Akibatnya, sering terjadi penumpukan bahkan kehabisan stok bahan baku yang ada di gudang.

Tujuan dari penelitian ini adalah perencanaan persediaan material sepatu futsal Airpro yang paling optimal dalam upaya pengendalian persediaan pada CV. Dua Putra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Material Requirement Planning (MRP).

Berdasarkan hasil dari MRP, diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan pada bulan September sebesar 34 hari. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan pada bulan Oktober sebesar 34 hari. Serta waktu untuk menyelesaikan pesanan pada bulan Nopember sebesar 23 hari.

Keywords


Industry

Full Text:

PDF




__________________________________________________________________________________________________________________________

Journal of Research and Technology by Jurnal Teknik Unusida is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://journal.unusida.ac.id. E-ISSN: 2477 - 6165, P-ISSN: 2460 - 5972

Sponsored by:     Creative Commons License