An Interactive Visual Auditory Multimedia Instructions for Toddlers

Puteri Noraisya Primandari, Elvianto Dwi Hartono, Siswoyo Siswoyo, Putri Rahayu Ningtiyas

Abstract


Abstrak

Anak-anak belajar menggunakan berbagai cara untuk memahami suatu makna dalam kata atau kalimat menggunakan simbol, bahasa lisan, gambar, suara dan berbagai fungsi panca indera lainnya. Saat ini, telah banyak multimedia pembelajaran anak-anak yang berkembang di masyarakat seperti media membaca, menulis, berhitung dan lainnya. Hanya saja, media yang berkembang ini belum mengintegrasikan semua komponen yang dibutuhkan anak secara lengkap seperti mengoreksi bacaan atau tulisan pertama anak yang seharusnya perlu dikoreksi. Untuk itulah penelitian ini hadir guna mengembangkan pembelajaran interaktif yang menggabungkan semua elemen yang dibutuhkan anak menggunakan penggabungan dari pengenalan pola, suara dan gambar sehingga pembelajaran bisa dimaksimalkan dan kreatifitas anak-anak semakin meningkat.
 
Kata kunci—  media, pembelajaran, anak
 
Abstract

Toddlers learn to use various ways to understand the meaning of words or sentences using symbols, spoken languages, pictures, sounds and various other five sensory functions. Nowadays, there have been many multimedia of children's learning developed in the community such as media for reading, writing, counting and others. All of the media which has been developed has not integrated all the components needed by children such as completely correcting the child's first reading or writing that need to be corrected. For this reason this research aim to develop interactive learning that combines all the elements that children needed by using a combination of pattern recognition, sound and images so that learning can be maximized and children's creativity is increased.
 
Keywords—  media, learn, toddlers


Full Text:

11 - 17

References


Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung. Alfabeta, CV. hlm. 1.

Anshori, Sodiq. (2016). Strategi Pembelajaran di Era Digital (Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital). Prosiding: Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII.

Umam, Kaiful. (2013). Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013,100-105

"KBBI : lingkungan realitas yang diciptakan dengan menggunakan teknologi untuk menambahkan elemen digital pada citra yang dilihat melalui sebuah peranti (seperti kamera ponsel)".

Samuel (September 27, 2016). "Unity at 10: For better or worse game development has never been easier". Ars Technica. Archived from the original on October 5, 2018. Retrieved October 17, 2018.

Takahashi, Dean (September 15, 2018). "John Riccitiello Q&A: How Unity CEO views Epic's Fortnite success". VentureBeat. Archived from the original on September 17, 2018. Retrieved October 17, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.